PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PEMBELJARAN IPA KELAS IV SD/M

ARMAN, RIZKI HIDYAT (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PEMBELJARAN IPA KELAS IV SD/M. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bahan pembelajaran di sekolah menggunakan bahan ajar yang telah disediakan oleh pemerintah yakni buku tematik dimana buku tematik bahan ajar yang di pakai oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Peserta didik perlu adanya bahan ajar tambahan untuk belajar dirumah dan bisa dipejari mandiri oleh peserta didik dikarnakan saat ini proses pembelajaran dilakukan secara daring, oleh karnanya dengan adanya e-modul IPA berbasis problem based learning pembelajaran mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran, peserta didik berfikir kritis, mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah, serta pengembangan bahan ajar agar pendidik dan peserta didik mendapatkan materi yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-modul IPA berbasis peoblem based learning untuk kelas IV SD/MI. Tahapan yang digunakan dalam pengumpulan data berupa (1) Wawancara pendidik (2) Angket ahli materi (3) Angket ahli bahasa (4) Angket ahli media (5) Angket respon peserta didik. Metode pada penelitian ini adalah penelitian Research and Devlopment. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan oleh Borg & Gall, penelitian ini sampai pada tahap sepuluh tahapan dalam penelitiandalam penelitian r&d yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk. Tahap validasi desain, revisi hasil produk uji lapangan, revisi hasil uji lapangan, uji coba produk secara kecil dsn besar, revisi hasil produk desiminasi berdasarkan validasi dari para ahli yang didapat yaitu 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 2 ahli materi, dan hasil responden peserta didik skala kecil dengan peersentase kevalitas ujicoba sekala kecil ialah 91,1% dan dinyatakan sangat valid, kemudia pada uji coba sekala luas mendapatkan persentase 90,7% dan dinyatakan sangat valid. Persentase yang diperoleh bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan respon baik oleh peserta didik sebagai bahan ajar untuk diterapakan pada saat proses pembelajaran. Adapun karakteristik E�modul berbasis problem based learning e-modul dibuat Elektronik dan peserta didik dapat menggunakan e-modul secara mandiri. Kata Kunci : Borg and Gall, Modul, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:26
Last Modified: 27 Dec 2021 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item