MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAA DI TK NURUL HUDA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Julia, Herlina (2021) MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAA DI TK NURUL HUDA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL JULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Abstrak Karakter peduli lingkungan anak tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan harus di stimulus secara berulang-ulang. Cara yang tepat untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan ialah melalui metode pembiasaan. Indikaktor karakter peduli lingkungan anak usia dini yaitu menjaga kebersihan lingkungan, bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan merawat/melestarikan lingkungan. Karakter peduli lingkungan juga terbagi menjadi 2 yaitu karakter peduli lingkungan sosial dan alam. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di kelas B TK Nurul Huda Sukabumi Bandar Lampung masih ditemukan anak yang karakter peduli lingkungannya belum berkembang hal ini dikarenakan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh guru disana belum dilakukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses mengembangkan karakter peduli lingkungan anak melalui metode pembiasaan di TK Nurul Huda Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek dan objek penelitian yaitu guru dan peserta didik di kelas B TK Nurul Huda Sukabumi Bandar Lampung dengan jumlah 15 peserta didik dan 1 guru, masalah yang diteliti yaitu karakter peduli lingkungan anak melalui metode pembiasaan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat penulis simpulkan bahwa proses guru dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan anak melalui metode pembiasaan masih ada langkah-langkah pembiasaan yang belum dilakukan oleh guru yaitu guru masih belum mengingatkan anak yang lupa melakukan pembiasaan�pembiasaan yang positif dalam peduli lingkungan. Maka dari itu, Proses guru dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan anak harus dilakukan yaitu melalui metode pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Kata kunci : Karakter peduli lingkungan anak dan metode pembiasaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:13
Last Modified: 27 Dec 2021 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item