ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MELAKUKAN PINJAMAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada UMKM Di Kota Bandar Lampung)

JENI, SASMITA (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MELAKUKAN PINJAMAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada UMKM Di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro kecil menengah (UMKM) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha perorangan yang memiliki kriteria sebagai mana diatur dalam undang-undang. Umkm telah menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi nasional maupun daerah. Kendala atau masalah yang dihadapi oleh pelaku umkm adalah kurangnya permodalan dan sulitnya akses pinjaman ke perbankan karena adanya agunan dan banyaknya berkas administrasi yang harus dilengkapi sehingga pelaku umkm di kota Bandar Lampung menggunakan fintech peer to peer lending sebagai alternatif untuk mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah faktor internal dan eksternal berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan umkm melakukan pinjaman melalui fintech peer to peer lending? Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap pinjaman melalui fintech peer to peer lending?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa berpengaruh waktor internal dan eksternal terhadap keputusan melakukan pinjaman melalui fintech peer to peer lending. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung yang pernah atau sedang melakukan pinjaman melalui fintech peer to peer lending, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh 96 responden. Metode analisis dan datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan hipotesis kemudian teknik pengolahan data menggunakan SPSS 17. Penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan umkm dalam melakukan pinjaman melalui fintech peer to peer lending, hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai Thitung > Ttabel atau 22,500>309, Sedangakan berdasarkan uji parsial faktor internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan umkm dalam melakukan pinjaman melalui fintech, hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai Thitung >Ttabel atau 5,053>1,985 dan variabel faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan iv umkm dalam melakukan pinjaman melalui fintech hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai Thitung >Ttabel atau 2,242>1,985 Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Fintech, Peer To Peer Lending

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:05
Last Modified: 27 Dec 2021 06:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16756

Actions (login required)

View Item View Item