Pengaruh kedisiplinan dan motivasi guru terhadap peningatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pai di Smp it Nurul Fattah Tulang Bawang

Mustofa , Zaenul (2017) Pengaruh kedisiplinan dan motivasi guru terhadap peningatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pai di Smp it Nurul Fattah Tulang Bawang. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (446kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (27kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (28kB) | Preview

Abstract

Disiplin kerja guru merupakan salah satu faktor yang juga dapat mempengaruhi hasil belajar anak didikmaka disiplin berperan sebagai tenaga pendorong kemauan dan keinginan untuk bekerja menurut ukuran-ukuran atau batasan-batasan yang ditetapkan. Selain kedisiplinan motivasi kerja juga memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa, dengan adanya motivasi kerja guru maka penyampaian materi dalam kegiatan pembelajaran akan lebih menyenangkan, berjalan dengan penuh variatif serta mendorong guru untuk selalu meningkatkan kinerjanya dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kedisiplinan dan motivasi guru terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI SMP IT Nurul Fattah. Penelitian ini menggunakan desain analisis deskriptif kuantitatif, dengan kedisiplinan dan motivasi guru dijadikan variabel independen serta peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 15 responden dengan metode acak (random sampling), analisis yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa: (1) Hasil uji hipotesis secara parsial diketahui bahwa untuk kedisiplinan memiliki nilai sebesar 3.221 sedangkan sebesar 1.770, jadi 3.221 1.770, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI SMP IT Nurul Fattah. (2) Hasil uji hipotesis secara parsial diketahui bahwa untuk motivasi guru memiliki nilai sebesar 1.886 sedangkan adalah 1.770, jadi 1.886 1.770, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI SMP IT Nurul Fattah. (3) Hasil uji hipotesis secara simultan diketahui nilai> nilai 3.29, maka keputusannya variabel kedisiplinan dan motivasi guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI SMP IT Nurul Fattah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:46
Last Modified: 26 Oct 2017 01:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item