KOMUNIKASI PERSUASIF IBU PADA ANAK DALAM MENANAMKAN PERILAKU BERIBADAH (Studi Kasus Desa Simpang Agung Kec. Seputih Agung Lampung Tengah)

DINA, OKTAFIANA (2021) KOMUNIKASI PERSUASIF IBU PADA ANAK DALAM MENANAMKAN PERILAKU BERIBADAH (Studi Kasus Desa Simpang Agung Kec. Seputih Agung Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DINA OKTAFIANA_1741010026.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Desa Simpang Agung tepatnya di dusun empat sidowayah, mayoritas beragama islam dan aktif dalam kegiatan keagamaan diantaranya pengajian ibu-ibu, pengajian anak-anak, dan bapak-bapak sholat lima waktu berjamaah dimasjid. Tidak hanya orangtuanya saja tetapi anak-anaknya pun sudah diajarkan beribadah sejak kecil. Berbeda dengan kebiasaan didusun yang lain. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif ibu pada anak dalam menanamkan perilaku beribadah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Field Research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer yakni pada Ibu dan anak yang berusia 7-15 tahun tersebut berjumlah 382 kk, adapun pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling berdasarkan keriteria yaitu: keluarga yang beragama islam, memiliki anak usia 7-15 tahun, orangrua masih lengkap, anak tinggal dengan orangtuanya, dan anak masih duduk disekolah. Dari penelitian didapatkan subjek sebanyak 10kk yakni Ibu dan anak, dan sumber data sekunder yakni dokumen, internet, video, jurnal, akripsi,buku-buku referensi ataupun situs-situs lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: Komunikasi Persuasif Ibu Pada Anak Dalam Menanamkan Perilaku Beribadah di Desa Simpang Agung Kec. Seputih Agung Kab. Lampung Tengah sudah dilakukan dimana ibu memberikan pemahaman pada anak dengan melakukan berbagai tehnik yaitu: tehnik asosiasi, tehnik integrasi, tehnik ganjaran, dan tehnik tatanan dengan memiliki efek komunikasi persuasif yaitu efek kognitif dan efek akfektif dimana anak-anak sudah memahami dan sudah menerapkan namun belum terus menerus. Dengan Ibu dan anak saling mengisi satu sama lain dengan proses pemberian contoh dan ketauladanan dengan sama-sama belajar menciptakan suasana yang nyaman sehingga terjalin iii komunikasi yang baik antara Ibu dan anak sehingga Ibu dapat memberikan pemahaman yang baik tentang perilaku ibadah kepada anaknya. Dengan tehnik yang ibu lakukan pada anak, anak lebih semangat belajar mengaji dan mendengarkan apa yang disampaikan ibunya dengan begitu akan terbawa hingga kelak ia dewasa. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Ibadah, Ibu pada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:42
Last Modified: 21 Dec 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item