EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 TALANG PADANG TANGGAMUS

WIDIA, WULANDARI (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 TALANG PADANG TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang di lakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang di harapkan. Artinya apabila suatu pekerjaan dapat di selesaikan sesuai dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya, maupun mutunya maka dapat dikatakan efektif. Pembelajaran daring merupakan program penyelenggaraan kelas pembelajaran dalam jaringan untuk menjangkau kelompok target yang masif dan luas. Melalui jaringan, pembelajaran dapat di selenggarakan secara masif dengan peserta yang tidak terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran daring di Taman Kanak�Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Talang Padang Tanggamus. Adaapun rumusan masalahnya adalah “bagaimana efektivitas pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Talang Padang Tanggamus”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru dan orang tua. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Talang Padang dilakukan melalui tahapan perumusan tujuan pembelajaran yaitu memberikan hak belajar kepada anak selama covid-19 untuk belajar dirumah dan orang tua memantau kegiatan belajar anak selama dirumah. Perencanaan pembelajaran daring yang meliputi persiapan pembelajaran dengan simulasi yang dilakukan oleh guru dan orang tua seperti menggunakan media aplikasi whatssap dan guru menyiapkan untuk membuat group kelas yang dapat memudahkan dalam memulai pembelajaran. Materi pembelajaran daring berisi tentang moral, fisik motorik, bahasa, sosem, kognitif, dan seni. Pelaksanaan pembelajaran daring meliputi pemberitahuan kegiatan yang dibuat dengan ringkas dan mudah dimengerti orang tua. Evaluasi pembelajaran daring berisi penilaian terhadap hasil kegiatan anak yang dikirim melalui video, foto, dan rekaman suara. Sehingga dengan metode tersebut bisa dikatan keefektifan pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Talang Padang bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:52
Last Modified: 17 Dec 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item