ANALISIS PERHITUNGAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SEBAGAI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi UMKM Ganesha Tanjung Bintang)

Astin, Meryanti (2021) ANALISIS PERHITUNGAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SEBAGAI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi UMKM Ganesha Tanjung Bintang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah produksi merupakan masalah yang sangat penting bagi pelaku usaha, karena dapat mempengaruhi laba yang diperoleh. Kelancaran produksi itu sendiri dipengaruhi oleh ada dan tidaknya bahan baku yang akan digunakan. Dalam hal ini pengendalian dapat membantu mengurangi risiko – risiko yang mungkin terjadi. Pengendalian yang penting mengenai bahan baku adalah pengendalian persediaan bahan baku karena persediaan merupakan unsur paling aktif dalam operasi perusahaan yang secara terus – menerus diperoleh. Model yang digunakan untuk pengendalian persediaan bahan baku salah satunya adalah metode Economic Order Quantity (EOQ) karena dapat mengoptimalkan pembelian persediaan bahan baku sehingga menjadi efektif dan efesien. Pada penelitian ini ditemukan masalah pada UMKM Ganesha mengenai persediaan bahan baku. Dalam hal ini, UMKM Ganesha selalu mengalami kekurangan stok bahan baku dan mengalami pemborosan dalam biaya – biaya yang dikeluarkan. Hal tersebut mengakibatkan UMKM Ganesha mengalami keterlambatan dalam pengiriman pada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan perhitungan persediaan bahan baku menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) terhadap persediaan bahan baku pada UMKM Ganesha. Teori yang digunakan pada penelitian ini mengenai pengendalian persediaan bahan baku dengan metode Economic Order Quantity (EOQ). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data berupa angka – angka. Data primer diperoleh langsung dari pihak UMKM Ganesha mengenai persediaan bahan baku selama tahun 2019. Data sekunder diperoleh dari teori – teori dari berbagai sumber buku, jurnal, atau penelitian – penelitian terdahulu sebagai bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada bahan baku mengalami perbedaan mengenai kuantitas pembelian dan biaya yang dikeluarkan antara kebijakan UMKM Ganesha dengan perhitungan metode Economic Order Quantity (EOQ) sehingga metode ini dapat digunakan sebagai pengendalian persediaan bahan baku pada UMKM Ganesha yang sesuai dengan perspektif islam. Kata Kunci : Pengendalian, Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:17
Last Modified: 17 Dec 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16713

Actions (login required)

View Item View Item