IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di UPT SDN 24 Tumijajar, Tulang Bawang Barat)

INDAH, SEPTIANA (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di UPT SDN 24 Tumijajar, Tulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INDAH SEPTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Seperti yang penulis lihat disekolah tersebut bahwa masih ada beberapa peserta didik yang membedakan suku,agama dan budaya, tidak saling menghargai pendapat antar teman, mengucilkan dan mengejek salah satu teman mereka yang dianggap kurang pintar dikarenakan belum lancar dalam membaca, menghitung dan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana menerapkan atau penanaman nilai-nilai toleransi di sekolah dasar UPT SDN 24 Tumijajar, Tulang Bawang Barat. Guru harus mampu menerapkan nilai-nilai toleransi untuk meningkatkan sikap toleransi antar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Peneliti mengambil tempat penelitian di UPT SDN 24 Tumijajar, Tulang Bawang Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangualasi teknik, dan triangulasi teknik. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi nillai-nilai toleransi di sekolah dasar (Study kasus di UPT SDN 24 Tumijajar, Tulang Bawang Barat) dapat diketahui bahwa guru dan peserta didik melakukan upaya penanaman sikap toleransi kepada siswanya. Upaya yang dilakukan Kepala sekolah, guru dan peserta didik dilihat dari toleransi dalam keberagaman agama, toleransi dalam kebergaaman suku, dan toleransi dalam keberagaman sosial budya. Hasil penelitian mengenai implementasi nilai-nilai toleransi sebagai berikut: a. Upaya Penanaman nilai toleransi yang dilakukan kepala sekolah dan guru menanamkan sikap toleransi memberikan sebuah bimbingan dan memberikan pengarahan kepada siswa, melalui kebijakan sekolah yaitu melalui visi, misi, tujuan, dan juga peraturan sekolah, membiasakan siswa melalui kegiatan rutin dengan cara membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru dan berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, melalui keteladanan dengan cara memberikan contoh sikap toleransi kepada para siswa. b. Nilai-nilai toleransi di sekolah yang memiliki perbedaan suku budaya dan agama, peserta didik lebih saling menghargai sesama baik antar suku maupun antar agama. c. Peran penanaman nilai toleransi untuk menumbuhkan nilai-nilai toleransi kepada peserta didik yaitu orang tua dan pendidik. d. Manfaat implentasi nilai-nilai toleransi yaitu menjadikan peserta didik mampu memahami perbedaan dengan menempatkan pada posisi setiap siswa, mampu melahirkan sikap saling menghormati dan menghargai antara satu dengan yang lain, hidup rukun dan damai antar warga sekolah. Kata Kunci: Nilai-Nilai Toleransi, Penanaman Toleransi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:05
Last Modified: 16 Dec 2021 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item