PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Hermansyah, Ari (2017) PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Pdf_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di lingkungan sekolah terdapat peserta didik yang melakukan perilaku bullying. Perilaku bullying merupakan hal yang sering terjadi pada peserta didik di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Dimana sering terjadi permasalahan peserta didik seperti menyisihkan pergaulan, menyebarkan gosip yang negatif, mengancam, melakukan pemalakan. sehingga butuh penanganan untuk memecahkan masalah peserta didik. Adapun Rumusan masalah ini adalah : Apakah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku bullying dapat dikurangi melalui konseling kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik kelas VII di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design, yaitu dengan adanya satu kelompok yang diberi perlakuan dan dibandingkan keadaannya dengan sebelum diberi perlakuan. Analisa data menggunakan analisa kuantitatif dengan uji paired sample t test Hasil yang diperoleh menunjukkan penurunan perilaku bullying peserta didik setelah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role playing. Dengan perbadaan mean pretest 62,3 dan mean posttest 40,9 yang berarti terjadi penurunan sebesar 21,4. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh thitung = 14.713. Hasil perolehan skor thitung kemudian dibandingkan dengan harga t pada table dengan dk =10 (dk = 10-1=9) dan taraf signifikan ttabel 0,05 = 1,833. Ketentuan thitung > ttabel, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:57
Last Modified: 28 Feb 2017 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item