PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERSTRUKTUR ANTISIPASI DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK

INDAH, AMELISA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERSTRUKTUR ANTISIPASI DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_INDAH AMELISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir reflektif peserta didik di SMP Darul Falah Bandar Lampung dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menggunakan rumus dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan serta kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir reflektif peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berstruktur antisipasi didaktis dengan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran langsung yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VIII di SMP Darul Falah Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimen design dengan design postest only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Darul Falah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir reflektif peserta didik di analisis menggunakan uji Manova dengan berbantuan program SPSS 22 didapat bahwa nilai dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root = 0.000 dan nilai α kriteria uji= 0.05 yang berarti nilai lebih kecil dibandingkan α kriteria uji sehingga hipotesis ditolak dan diterima yang berarti terdapat perbedaan Missouri Mathematics Project (MMP) berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir reflektif peserta didik. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Antisipasi Didaktis, Pemecahan Masalah dan Berpikir Reflektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:06
Last Modified: 16 Dec 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16697

Actions (login required)

View Item View Item