PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS

RISKA, SAFITRI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRPSI_RISKA SAFITRI_1711050207.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SMP Darul Falah Bandar Lampung diketahui bahwa peserta didik cenderung pasif dan tidak berani untuk bertanya kepada pendidik karena menganggap matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan sulit dipahami. Selain itu ketika peserta didik diberikan tugas mereka kurang mampu dalam menyajikan, menyelesaikan dan menyimpulkan jawaban sehingga lebih memilih untuk menyontek. Hal-hal inilah yang akan mengakibatkan kemampuan matematika peserta didik lemah hingga nantinya sulit untuk dapat merespons materi selanjutnya. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam menentukan model pembelajaran agar dapat memberikan suasana menyenangkan sehingga peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran CORE berbantuan GBL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimental design dan desain penelitian posttest�only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Darul Falah Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 peserta didik, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik MANOVA. Hasil penelitian diperoleh yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat pada nilai sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05 yang berarti nilai , sehingga ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan GBL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik. Kata Kunci : CORE berbantuan GBL, Kemampuan Pemahaman konsep, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:46
Last Modified: 16 Dec 2021 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item