ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada PT. BPRS Bandar Lampung)

ARIF, NURROHMAN (2021) ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada PT. BPRS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_ARIF_NURROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektifitas pengendalian internal pembiayaan murabahah di PT. BPRS Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang lebih menonjolkan proses dan makna, penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektifitas yaitu penilaian sejauh mana tujuan dapat dicapai dengan memanfaatkan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden dan hasil dari observasi mengenai penerapan sistem informasi akuntansi di PT. BPRS Bandar Lampung. Data sekunder berupa teori-teori dan dokumen serta data penunjang lain diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. BPRS Bandar Lampung Telah menerapkan sistem informasi akuntansi terkpmputerisasi dengan menggunakan aplikasi bernama IBA (islamic banking aplication). Penggunaan aplikasi ini dapat menunjang aktivitas operasi dan dapat menunjang efektifitas dari pengendalian internal pembiayaan murabahah di PT. BPRS Bandar Lampung. Hal ini didukung dengan terpenuhinya komponen-komponen pengendalian yang digunakan sebagai indikator efektifitas pengendalian internal. Kata kunci : sistem informasi akuntansi, pengendalian internal dan pembiayaan murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:36
Last Modified: 16 Dec 2021 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item View Item