PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DIKELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

TIA, MUTIARA KHASANAH (2021) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DIKELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_TIA MUTIARA KHASANAH_1711080218.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang tahap-tahapan pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung, komunikasi interpersonal merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan antara dua atau beberapa orang untuk menciptakan suatu komunikasi antar komunikator dengan komunikan, Permasalahan dari penelitian ini ialah terdapat peserta didik yang memiliki kesulitan atau mengalami kendala dalam berkomunikasi antar teman sebaya, sehingga dengan begitu dapat dikatakan peserta didik masih merasa canggung dengan teman sekelas nya, merasa ragu dalam mempercayai teman sekelas nya, sulit mengemukakan pendapat serta sulit menerima saran atau pendapat orang lain. Sehingga dengan begitu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses tahap-tahapan konseling kelompok yang dilaksanakan oleh Guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII. Kemudian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelitian yaitu studi kasus, dimana peneliti menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena apa saja yang terjadi atau ditemui dilapangan. Adapun untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yang digunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi, Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan Guru BK, pengambilan subjek data berupa interview atau wawancara untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik melalui konseling kelompok. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru BK menggunakan empat tahap dalam pelaksanaan konseling kelompok yaitu tahap awal tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelakasanan kegiatan dan tahap pengakhiran, kemudian sebagai temuan dari penelitian ini ialah guru BK melakukan ice breaking dalam pelaksanaan konseling kelompok. Kata Kunci : pelaksanaan konseling kelompok, komunikasi interpersonal iii ABSTRACT This study describes the stages of implementing group counseling in improving interpersonal communication of class VIII students at SMP Negeri 20 Bandar Lampung, interpersonal communication is the process of sending and receiving messages between two or several people to create a communication between communicators and communicants. This is that there are students who have difficulties or experience problems in communicating between peers, so that it can be said that students still feel awkward with their classmates, feel doubtful in trusting their classmates, find it difficult to express opinions and find it difficult to accept suggestions or opinions from others. other. So that the purpose of this study is to find out how the process of group counseling stages carried out by BK teachers in improving interpersonal communication of class VIII students. Then in this study using qualitative research, the research design is a case study, where the researcher describes or describes any phenomena that occur or are encountered in the field. As for collecting data in this study used observation, interviews, and also documentation. The sampling technique of this research used purposive sampling technique. The subjects in this study were students and BK teachers, the technique of taking data subjects was in the form of interviews or interviews to obtain data regarding the implementation of group counseling in improving students' interpersonal communication through group counseling. Based on the results of the study, it showed that BK teachers used four stages in the implementation of group counseling, namely the initial stage of the formation stage, the transition stage, the activity implementation stage and the termination stage. Keywords: implementation of group counseling, interpersonal communication

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:40
Last Modified: 15 Dec 2021 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16688

Actions (login required)

View Item View Item