TITIS, WINDASARI (2021) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IX E SMP NEGERI 1 PADANG RATU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Konseling Individu Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas IX E SMP Negeri 1 Padang Ratu Tahun Pelajaran 2020/2021. Layanan bimbingan dan konseling disekolah sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan peserta didik seperti permasalahan yang berkaitan dengan kedisiplinan. Penanganan permasalah pada peserta didik dilakukan langsung oleh guru BK dengan dilakukannya layanan konseling individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK kepada peserta didik, untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru BK dalam pelaksanaan konseling individu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik, untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam melakukan layanan konseling individu, serta untuk mengetahui bagaimana perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta didik setelah proses konseling dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, kemudian penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru BK, wali kelas IX E dan peserta didik kelas IX E. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa; 1). Pelaksanaan konseling individu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik sudah cukup baik, sudah hampir terpenuhi keterampilan konseling dalam pelaksanaan konseling individu tersebut, tetapi juga masih terdapat beberapa kekurangan dalam proses konseling; 2). Strategi yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas IX E SMP Negeri 1 Padang Ratu dalam pelaksanaan konseling individu sudah cukup baik, dalam hal ini, guru BK melakukan kerjasama antara guru mata pelajaran, wali kelas, dan juga orang tua peserta didik, yang diharapkan agar pelaksanaan konseling individu dapat berjalan dengan baik. 3). Terdapat beberapa factor pendukung seperti kerjasama yang dilakukan dari pemangku kepentingan seperti guru mata pelajaran, wali kelas, dan juga orang tua peserta didik, dan factor penghambat proses iii konseling individu yaitu terletak pada kondisi peserta didik tersebut, peserta didik kurang menyadari kesalahannya, dan takut untuk menceritakan permasalahannya. ; 4). Terdapat perubahan sikap yang terjadi pada peserta didik setelah dilakukannya proses konseling individu. Dalam masalah kedisiplinan ditemukan 1. Peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran; 2. Peserta didik yang jarang mengikuti pembelajaran; 3. Peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas dan; 4. Peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas. Kata Kunci : Konseling Individu, kedisiplinan iv ABSTRACT This research is entitled Implementation of Individual Counseling to Improve Discipline for Class IX E SMP Negeri 1 Padang Ratu Academic Year 2020/2021. Guidance and counseling services in schools are needed to overcome student problems such as problems related to discipline. Handling of problems in students is carried out directly by the BK teacher by providing individual counseling services. This study aims to determine the implementation of individual counseling conducted by BK teachers to students, to determine the strategies used by BK teachers in the implementation of individual counseling to improve student discipline, to determine the supporting and inhibiting factors in conducting individual counseling services. , and to find out how changes in behavior occur in students after the counseling process is carried out. This study uses qualitative research methods, then this study uses a case study research design. The data collection technique is by means of observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were BK teachers, homeroom teachers of class IX E and students of class IX E. The results of the research that has been done show that; 1). The implementation of individual counseling to improve student discipline is quite good, counseling skills are almost fulfilled in the implementation of individual counseling, but there are also some shortcomings in the counseling process; 2). The strategy carried out by BK teachers to improve the discipline of class IX E students at SMP Negeri 1 Padang Ratu in the implementation of individual counseling is quite good, in this case, BK teachers collaborate between subject teachers, homeroom teachers, and also parents of students, It is hoped that the implementation of individual counseling can run well. 3). There are several supporting factors such as cooperation from stakeholders such as subject teachers, homeroom teachers, and also parents of students, and the inhibiting factor for the individual counseling process is the condition of these students, students are less aware of their mistakes, and are afraid to tell stories. v the problem. ; 4). There is a change in attitude that occurs in students after the individual counseling process is carried out. In the matter of discipline found; 1. Students who do not take part in learning; 2. Students who are late or rarely take part in learning; 3. do not submit assignments and; 4. Students who are late in submitting assignments. Keywords: Individual Counseling, discipline
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:32 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16687 |
Actions (login required)
View Item |