BIMBINGAN KETERAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS ANAK DOWN SYNDROME DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PRINGSEWU

ARUM, CAHYANI (2021) BIMBINGAN KETERAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS ANAK DOWN SYNDROME DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ARUM CAHYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Anak down syndrome adalah kondisi abnormalitas atau yang lebih dikenal sebagai kelainan genetik trisomi, dimana terdapat tambahan kromosom pada kromosom 21. Anak down syndrome memiliki permasalahan diantaranya seperti belum bisa makan sendiri, berpakaian, mandi sendiri, membaca, bercocok tanam serta membereskan mainannya sendiri. Berdasarkan permasalahan�permasalahan yang dimiliki, anak down syndrome membutuhkan adanya bimbingan, salah satu bimbingan yang dapat diberikan adalah bimbingan keterampilan. Di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu melaksanakan bimbingan keterampilan untuk anak down syndrome yang mengalami permasalahan dalam hal kemandirian dan kreativitas, sehingga penulis tertarik untuk meneliti mengenai pelaksanaan bimbingan keterampilan dalam mengembangkan kemandirian dan kreativitas anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan keterampilan dalam mengembangkan kemandirian dan kreativitas anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 1 guru pembimbing, 1 ketua pelaksana bimbingan keterampilan dan 5 orang tua siswa, sehingga jumlah sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi tertulis maupun foto di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu. Adapun prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka pelaksanaan bimbingan keterampilan dalam mengembangkan kemandirian dan kreativitas anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu meliputi tiga tahapan yaitu pertama, tahap perencanaan yang meliputi iii penetapan materi layanan, tujuan yang ingin dicapai, sasaran kegiatan, bahan untuk bimbingan keterampilan, rencana penilaian, waktu dan tempat. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan yang meliputi pembentukan kelompok, pengenalan alat-alat keterampilan dan kegiatan bimbingan keterampilan. Ketiga, tahap evaluasi yaitu pelaksanaan bimbingan keterampilan pada anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Pringsewu cukup memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Mereka mampu memahami materi-materi yang disampaikan oleh guru pembimbing dan menciptakan perilaku yang baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:08
Last Modified: 15 Dec 2021 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item View Item