LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP PASANGAN SUAMI ISTRI YANG INGIN RUJUK DI KUA KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN

Echa, Nurjayanti (2021) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP PASANGAN SUAMI ISTRI YANG INGIN RUJUK DI KUA KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ECHA NURJAYANTI_1641040174.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rujuk adalah kembali kepada ikatan perkawinan yang sempat rusak dengan perceraian tanpa akad nikah dan selagi istri dalam masa iddah. Hal ini merupakan satu kesempatan yang diberikan oleh agama Islam bagi pasangan suami istri yang telah melakuakn talak raj’i untuk kembali meragut cinta kasih dalam rumah tangga. Maka dari itu perlu adanya bimbingan konseling Islam membantu pasangan suami istri yang ingin kembali rujuk dan bisa menyelesaikan permasalahn yang sedang dihadapinya. Penelitian layanan bimbingan dan konseling Islam terhadap pasanagan yang ingin rujuk di fokuskan pada satu pokok permasalahan; bagaimana layanan bimbingan dan konseling Islam terhadap pasangan yang ingin rujuk di KUA kec. Natar lampung Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Dengan metode deskriptif, subjek penelitian ini adalah satu konselor, satu kepala KUA dan tiga pasang klien. Pengambilan subjek sampel penelitian menggunakan teknik non purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; layanan bimbingan dan konseling Islam terhadap pasangan yang ingin rujuk di KUA Kec. Natar Lampung Selatan dilaksanakan dengan memperhatikan tiga tahap utama yang merupakan kunci dari terlaksananya layanan bimbingan dan konseling Islam yaitu terdiri dari; a) tahap penerimaan calon klien. Pada tahap penerimaan calon klien ini meliputi pendataan, administrasi dan pengenalan materi yang tepat untuk klien. b) tahap pemberian materi dan metode yang tepat. Materi yang di gunakan adalah bimbingan dan konseling Islam, materi keagamaan dan metode yang digunakan layanan individual dengan menggunakan pendekatan behaviour dan metode pencerahan. c) tahap hasil layanan bimbingan dan konseling Islam. Hasil dari layanan bimbingan dan konseling Islam yaitu klien merasa lebih tenang dalam menghadapi masalah, klien termotifasi untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan klien ingin mendapatkan kembali keluarga yang utuh bersama pasangan hidup dan memiliki keluarga yang bahagia di dunia maupun akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:55
Last Modified: 14 Dec 2021 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16676

Actions (login required)

View Item View Item