PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

AMIROTUR, ROSYIDAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi full ami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) terhadap kemampuan metakognisi ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan kelas XI MAN 1 Tanggamus. Penelitian ini dilakukan dikelas XI MAN 1 Tanggamus. Rendahnya kemampuan metakognisi peserta didik yang diketahui melalui nilai pra-penelitian, dan disebabkan oleh proses pembelajaran dikelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada pendidik, sehingga lebih banyak terjadi komunikasi satu arah (One-way Communication). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Esperimen Design dengan desain posttest –only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Tanggamus. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dari teknik tersebut didapat kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) dan kelas IX MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) terhadap kemampuan metakognisi peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Tanggamus. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai sig 0,006 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan metakognisi. Kata Kunci : Model SETS (Science Environment Technology Society), Kemampuan Metakognisi, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:06
Last Modified: 13 Dec 2021 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item View Item