PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS VIRTUAL BERNUANSA ADAT LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

LIA, NOVITA SARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS VIRTUAL BERNUANSA ADAT LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA NOVITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat penting digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Akan tetapi, media pembelajaran yang digunakan selama ini adalah media sederhana yang berupa buku paket dan juga dari segi penyampaiannya masih terlalu konvensional sehingga kurang menarik. Berdasarkan hal tersebut, penulis merumuskan masalah,“Bagaimana keefektifan, kelakyakan serta respon peserta didik terhadap media permainan ular tangga berbasis virtual ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga berbasis virtual, kelayakan dan kemanfaatan media pembelajaran di dalam proses pembelajaran terutama untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPA pada materi organ manusia dan hewan. Jenis penelitian ini model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh jumlah skor validasi ahli media yaitu 81% dan 84,5% dengan kategori “sangat layak” dan ahli materi adalah 83,3% dan 82,3% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya respon pendidik sebanyak 3 orang masing-masing sebesar 83,3%, 85% dan 89% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik sebesar 89,4% menunjukkan kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat maka dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis virtual dengan nuansa adat Lampung efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Permainan Ular Tangga Berbasis Virtual; ADDIE, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:51
Last Modified: 13 Dec 2021 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16657

Actions (login required)

View Item View Item