ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BAHARI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PRESFEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Pasar Kec.Pulau Pisang Kab.Pesisir Barat )

ZAMA, HENDRA (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BAHARI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PRESFEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Pasar Kec.Pulau Pisang Kab.Pesisir Barat ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_ZAMA HENDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Desa Pasar Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat adalah salah satu desa yang memiliki potensi objek dan daya tarik berbagai jenis pariwisata terutama pariwisata bahari. Industri parwisata dapat memeberikan pengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Pasar Kecamatan Pulau Pisang dalam mengembangkan sektor pariwisata dalam hal meningkatkan pendapatan masyarakat dan bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan pendapatan Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan sektor pariwisata bahari di Desa Pasar Pulau Pisang dan Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan sektor pariwisata bahari dalam meningkatkan Pendapatan masyarakat perspektif Ekonomi Islam di Desa Pasar Pulau Pisang Penelitian ini dilakukan di Desa Pasar Kecamatan Pulau Pisang Dengam Menggunakan Metode Analisis kualitatif dengan berfikir indutif populasi dari penelitian ini adalah seluruh warga desa dengan populasi sebanyak 611 orang dan teknik sampel yakni Purpossive sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 30 sampel, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu strategi yang telah dilakukan oleh pemerintah desa dalam mengembangkan objek wisata yaitu membangun sumberdaya manusia dan membangun infrastruktur berupa MCK, sentra kuliner dan lainnya, sedangkan dalam pandangan Ekonomi Islam menitikberatkan pada konsep keadilan dan amanah dalam mengatur sumber daya pariwisata yang dimilki untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Pasar Kecamatan Pulau Pisang. Kata kunci : strategi, pariwisata, pendapatan Msayarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:56
Last Modified: 13 Dec 2021 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16649

Actions (login required)

View Item View Item