IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIKKELAS IX F SMP NEGERI 1 PADANG RATU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

CINDI, MELI STEFANI (2021) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIKKELAS IX F SMP NEGERI 1 PADANG RATU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_CINDI MELI STEFANI_1711080026.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Implementasi Konseling Individu untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Padang Ratu Tahun Pelajaran 2020/2021. Perilaku prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku penundaan penyelesaian tugas akademik yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas yang penting. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konseling individu untuk mengurangi prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh peserta didik kelas IX F SMP Negeri 1 Padang Ratu Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengampil 5 sampel peserta didik yang perilaku prokrastinasi akademiknya tinggi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan konseling individu mampu mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik kelas IX F SMP Negeri 1 Padang Ratu. Hal ini dapat diketahui dari kondisi objektif peserta didik yang terjadi seperti terlambat mengerjakan tugas karena keterbatasan kuota internet, terlambat mengumpulkan tugas karena malas, lebih memilih bermain HP, bermain dengan teman, ataupun membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, daripada mengerjakan tugas dengan tepat waktu, dan masih terdapat beberapa faktor internal dan eksternal yang memengaruhi terjadinya prokrastinasi akademik peserta didik. Pelaksanaan konseling yang dilakukan untuk mengurangi prokrastinasi mengunakan beberapa tahapan dalam layanan konseling individu seperti tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Keterampilan dasar konseling yang digunakan oleh guru BK juga turut berperan dalam terentaskannya permasalahan dari peserta didik seperti attending, refleksi pikiran, eksplorasi, pertanyaan tertutup, pertanyaan terbuka, menangkap pesan utama, dorongan minimal, mengarahkan, memberi nasihat, merencanakan, mengakhiri sesi konseling. Peserta didik menunjukkan perubahan perilaku dimana masing-masing peserta didik mengatakan bahwa mereka lebih giat dalam belajar serta menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak malu bertanya kepada guru mata pelajaran, bisa mengatur waktu dan lebih memotivasi diri. Perubahan perilaku yang terjadi kepada peserta didik, dilihat iimenggunakan cara pengamatan, pengamatan dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku yang terjadi, apabila dalam proses pengamatan tersebut tidak ditemukan adanya perubahan perilaku, maka guru BK akan melakukan home visit. Kata Kunci : Konseling Individu, Prokrastinasi Akademik iiiABSTRACT This research is entitled Implementation of Individual Counseling to Reduce Academic Procrastination of Class IX F Students of SMP Negeri 1 Padang Ratu for the 2020/2021 Academic Year. Academic procrastination behavior is a behavior of delaying the completion of academic tasks that is carried out intentionally and repeatedly by carrying out other activities that are not needed in carrying out important tasks. The purpose of this study is to determine the implementation of individual counseling to reduce academic procrastination carried out by class IX F students of SMP Negeri 1 Padang Ratu for the 2020/2021 academic year. The method used in this research is qualitative by taking 5 samples of students with high academic procrastination behavior. The procedure used in the research is in the form of observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, it can be seen that the implementation of individual counseling is able to reduce the academic procrastination of class IX F students of SMP Negeri 1 Padang Ratu. This can be seen from the objective conditions of students that occur such as being late for assignments due to limited internet quota, being late in collecting assignments because of being lazy, preferring to play cellphones, playing with friends, or helping parents with homework, rather than doing assignments on time, and there are still several internal and external factors that influence the occurrence of student academic procrastination. The implementation of counseling carried out to reduce procrastination uses several stages in individual counseling services such as the initial stage, the core stage and the final stage. The basic counseling skills used by counseling teachers also play a role in solving problems from students such as attending, reflection of thoughts, exploration, closed questions, open questions, capturing the main message, minimal encouragement, directing, giving advice, planning, ending the counseling session. Students showed changes in behavior where each student said that they were more active in learning and completed assignments on time, were not shy about asking subject teachers, could manage time and were more self-motivated. Changes in behavior that occur to students, are seen using observation methods, observations are made to find out changes in behavior that occur, if in ivthe observation process there is no change in behavior, the counseling guidance teacher will conduct a home visit. Keywords: Individual Counseling, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:56
Last Modified: 09 Dec 2021 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item