PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM (Studi di Desa Sinar Mulya Dusun 04 Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara )

DIANA, SARI (2021) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM (Studi di Desa Sinar Mulya Dusun 04 Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIANA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi sangat diperlukan anak dalam belajar, begitu juga belajar pendidikan Islam. Apalagi pada masa pendemi. kurang nya kontrol dan perhatian orang tua dapat menjadi penyebab kurang nya motivasi belajar. untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut, maka peran orang tua sangat di perlukan, untuk itu di perlukan adanya komunikasi interpersonal orang tua. berdasarkan masalah tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam di desa sinar mulya dusun04 kecamatan tanjung raja lampung utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan sifat penelitian ini deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 orang yaitu terdiri dari 10 orang tua dan 10 anak, terdiri dari 3 anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sebagai alat pengumpulan data. Dengan teknik analisis data yaitu: reduksi data, display data, conclusion drawing. dan dengan trigulasi sumber dan teknik untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam di desa sinar mulya dusun 04 kecamatan tanjung raja cukup baik. orang tua biasanya melakukan komunikasi interpersonal saat malam hari yaitu ba’da isya atau pada waktu santai dan kumpul keluarga. Adapun peran komunikasi interpersonal dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam yaitu dengan memberikan hadiah, memberikan nasehat, pujian, hukuman, membimbing dan mengatasi kesulitan belajar anak. Adapun faktor penghambat peran komunikasi interpersonal orang tua adalah kurang nya pengetahuan yang dimiliki orang tua, orang tua yang hanya memerintah, dan kesibukan orang tua. Rekomendasi bagi orang tua agar lebih memperhatikan pendidikan anak dan lebih menjalankan peran sebagai orang tua dalam pendidikan anak khususnya pendidikan Islam, bagi peneliti lain yaitu dapat dijadikan penelitian yang relevan dan gambaran bagi penelitian selanjutnya. Kata kunci: komunikasi interpersonal orang tua, motivasi belajar pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:48
Last Modified: 09 Dec 2021 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16638

Actions (login required)

View Item View Item