DIANA, SARI (2021) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM (Studi di Desa Sinar Mulya Dusun 04 Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi sangat diperlukan anak dalam belajar, begitu juga belajar pendidikan Islam. Apalagi pada masa pendemi. kurang nya kontrol dan perhatian orang tua dapat menjadi penyebab kurang nya motivasi belajar. untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut, maka peran orang tua sangat di perlukan, untuk itu di perlukan adanya komunikasi interpersonal orang tua. berdasarkan masalah tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam di desa sinar mulya dusun04 kecamatan tanjung raja lampung utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan sifat penelitian ini deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 orang yaitu terdiri dari 10 orang tua dan 10 anak, terdiri dari 3 anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sebagai alat pengumpulan data. Dengan teknik analisis data yaitu: reduksi data, display data, conclusion drawing. dan dengan trigulasi sumber dan teknik untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan peran komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam di desa sinar mulya dusun 04 kecamatan tanjung raja cukup baik. orang tua biasanya melakukan komunikasi interpersonal saat malam hari yaitu ba’da isya atau pada waktu santai dan kumpul keluarga. Adapun peran komunikasi interpersonal dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Islam yaitu dengan memberikan hadiah, memberikan nasehat, pujian, hukuman, membimbing dan mengatasi kesulitan belajar anak. Adapun faktor penghambat peran komunikasi interpersonal orang tua adalah kurang nya pengetahuan yang dimiliki orang tua, orang tua yang hanya memerintah, dan kesibukan orang tua. Rekomendasi bagi orang tua agar lebih memperhatikan pendidikan anak dan lebih menjalankan peran sebagai orang tua dalam pendidikan anak khususnya pendidikan Islam, bagi peneliti lain yaitu dapat dijadikan penelitian yang relevan dan gambaran bagi penelitian selanjutnya. Kata kunci: komunikasi interpersonal orang tua, motivasi belajar pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 04:48 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 04:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16638 |
Actions (login required)
View Item |