HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2018 PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING TAHUN AJARAN 2020/2021

OKTAVIA, PUSPARANI (2021) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2018 PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian hubungan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran daring ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kebiasaan belajar yang dimana banyak mahasiswa yang mengeluh tentang prestasi belajar yang menurun semenjak proses pembelajaran daring. Maka dari itu peneliti ingin mengamati hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian observasi dengan metode cross sectional. Dalam penelitian ini berfokus pada hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. Populasi yang digunakan penelitian yaitu mahasiswa angkatan tahun 2018. Sampel dalam penelitian berjumlah 73 mahasiswa. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan presasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelational. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa diperoleh 0,118> rtabel 0,05 = 0,2787dan p = nilai signifikansi 0,318 < 0,05 maka berkorelasi. Nilai koefisien kolerasi yang diperoleh bertanda negatif, berarti tidak adanya hubungan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:41
Last Modified: 09 Dec 2021 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item