PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI CURIOSITY PESERTA DIDIK

ISTI, QOMA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI CURIOSITY PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISTI QOMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan di kelas IX SMP AL-HUDA JATI AGUNG diperoleh prsentase sebesar 17,24% untuk peserta didik memperoleh nilai di atas KKM dan 83, 76% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM. Rendahnya kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi peserta didik disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru berkesan monoton dan kurang keingintahuannya peserta didik dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, (2) pengaruh curiosity terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, (3) adakah interaksi antara model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan curiosity terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP AL-HUDA Jati Agung. Sampel yang digunakan sebanyak tiga kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII A2 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII A1 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII A3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi berupa soal uraian dan angket curiosity . Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, (2) terdapat pengaruh curiosity terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan curiosity terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi peserta didik. Kata Kunci : CPS (Creative Problem Solving), Curiosity , Kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:39
Last Modified: 09 Dec 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16631

Actions (login required)

View Item View Item