“ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL BANK SYARI'AH BANDAR LAMPUNG TERHADAP PROSEDUR PEMBIAYAAN IJARAH MULTI JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”

BUDI, SANTOSO (2021) “ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL BANK SYARI'AH BANDAR LAMPUNG TERHADAP PROSEDUR PEMBIAYAAN IJARAH MULTI JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ijarah Multi jasa merupakan pembiayaan yang diberikan oleh lembaga keuangan syariah kepada nasabah dalam memperoleh manfaat atas suatu jasa. Dalam fatwa DSN pembiayaan Multijasa hukumnya boleh dengan menggunakan akad Ijarah atau kafalah. Keuntungan yang diperoleh dari pembiayaan Ijarah Multi jasa tersebut berbentuk imbalan jasa atau fee. Besarnya ujrah atau fee harus disepakati di awal dan dinyatakan dalam bentuk nominal. Dalam hal ini Bank BPRS Bandar Lampung memiliki kebijakan tersendiri dalam hal prosedur pembiayaan Ijarah multijasa. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Prosedur Penyaluran Pembiayaan Ijarah Multi Jasa pada Bank BPRS Cabang Bandar Lampung? 2. Bagaimana sistem pengendalian internal pembiayaan Ijarah Multi Jasa dalam perspektif Ekonomi Islam pada Bank BPRS Cabang Bandar Lampung? Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank BPRS Bandar lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama dalam prosedur penyaluran pembiayaan Ijarah Multi jasa di Bank BPRS Bandar Lampung ini sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku secara hukum Islam serta peraturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). prosedur pengajuan pembiayaan Ijarah Multi jasa di di Bank BPRS Bandar Lampung antara lain melalui : Tahap permohonan dengan melengkapi administrasi pendaftaran, Pengajuan Pembiayaan, Analisis atau Survei Pembiayaan. Verifikasi Data, Penilaian Resiko, Analisa Proyeksi Keuangan, Tahap Persetujuan dan terakhir Tahap pencairan, Kedua Sistem pengendalian internal pembiayaan Ijarah Multi Jasa pada Bank BPRS Cabang Bandar Lampung sudah berjalan baik dan sesuai dengan hukum Islam dimana dari segi administratif menggunakan sistem perbankan bernama IBA (Islamic Banking Application) transaksi. Begitu juga dari segi Pendekatan 5C meliputi Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition Penilaian Karakter, Kemauan, dan Kemampuan nasabah dalam mengangsur pinjaman semuanya sudah berjalan baik dan sesuai dengan hukum Islam. Kata kunci : Pengendalian Internal, Pembiayaan, Ijarah Multi jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:31
Last Modified: 09 Dec 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item