IMRON, GHOZALI (2021) EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dimiliki seorang individu, agar dapat memecahkan masalah secara kritis persoalan – persoalan dalam matematika. Untuk memecahkan masalah matematika secara kritis diperlukan kemampuan komunikasi matematis yang baik. Supaya pelajar berani mengungkapkan ide – ide atau gagasan serta pemikiran yang kritis dalam pembelajaran matematika. Dengan memperhatikan pentingnya kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis yang perlu dimiliki khususnya oleh seorang pelajar, maka pengembangan kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang perlu dilakukan disegala jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran e-learning berbasis moodle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Penerapan model pembelajaran e-learning berbasis moodle, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis, akan lebih tepat dengan dilakukan sebuah pendekatan pembelajaran, melihat permasalahan dan tujuan yang akan dicapai, pendekatan yang tepat diterapkan yaitu pendekatan Guided Discovery Learning. Pendekatan ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ? 2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model e- learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa? 3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model e- learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis ? iiiPenelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung tahun ajaran 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning dan kelas B sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA berbantuan aplikasi SPSS 25.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan pengaruh antara model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ? 2) Terdapat perbedaan pengaruh antara model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa? 3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis ? Kata Kunci : Model E-learning, Moodle, Guided Discovery Learning, Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 03:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 03:14 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16628 |
Actions (login required)
View Item |