EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BERPERKARA MENGGUNAKAN E-COURT MENURUT PERMA NOMOR 1 TAHUN 2019 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang)

Ayi, Yuntami (2021) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BERPERKARA MENGGUNAKAN E-COURT MENURUT PERMA NOMOR 1 TAHUN 2019 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYI YUNTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK E-court merupakan persidangan yang dilakukan secara elektronik dengan cara meminimalisir para pihak untuk bertatap muka dan datang ke kantor Pengadilan, guna mewujudkan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. Dimana penerapan PERMA No 1 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Perkara dan Persidangan secara Elektronik ini sangat membantu untuk keadaan saat ini yaitu pandemi covid-19 dimana memudahkan para pencari keadilan untuk mendaftarkan perkara secara online dan persidangan secara online serta membantu masyarakat dalam proses pendaftaran perkara dan setiap para pencari keadilan ingin menyelesaikan suatu perkara yang cepat dan tidak bertele-tele. Adapun yang menjadi pokok penelitian; Bagaimana pelaksanaan berperkara menggunakan e-court menurut perma no 1 tahun 2019 di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang pada masa pandemi covid-19 dan bagaimana efektivitas pelaksanaan berperkara menggunakan e-court menurut perma no 1 tahun 2019 pada masa pandemi covid-19 di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, maka untuk menyusun penelitian ini penulis menggunakaan metode deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang menunjukkan; 1. Pelaksanaan berperkara menggunakan e-court menurut PERMA No 1 tahun 2019 di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang pada masa pandemi covid-19 yaitu tidak ada bedanya, pada saat pandemi covid-19 pun pelaksanaanya sudah sesuai yang di tetapkan oleh Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019, namun di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang pelayanan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik baru dibuka untuk pengguna terdaftar sedangkan untuk pengguna lain belum dibuka dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia. 2. Efektivitas pelaksanaan berperkara menggunakan e-court perma no 1 tahun 2019 pada masa pandemi covid-19 di Pengadilan Agama Kelas IA Tanjung Karang dapat dikatakan efektif karena dalam Peraturan Mahkamah Agung No 1 Tahun 2019 sudah memenuhi asas peradilan yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan. Key word: E-Court, Peradilan, Asas sederhana, cepat dan biaya ringan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:17
Last Modified: 08 Dec 2021 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16627

Actions (login required)

View Item View Item