KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII A DI MTS NEGERI 1 TANGGAMUS

VELIA, SEPTIANI (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII A DI MTS NEGERI 1 TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_VELIA SEPTIANI_1711010164.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII A di Mts Negeri 1 Tanggamus. Sebuah skripsi untuk mengkaji dan meneliti Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII A di Mts Negeri 1 Tanggamus. Dengan ditemukan gejala-gejala atau permasalahan pendidik yang kurang menghiraukan proses evaluasi pembelajaran, sehingga dalam mengevaluasi hasil pembelajaran pendidik cenderung menggunakan cara yang praktis tanpa menghiraukan langkah-langkah evaluasi yang telah ditetapkan, dan Pendidik tidak jarang hanya menggunakan satu jenis evaluasi, sehingga hasil evaluasi belum maksimal. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif merupakan melukiskan, studi yang menggambarkan, ataupun mengungkapkan kondisi objek yang diteliti sesuai dengan suasana serta keadaan penelitian. Sumber primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak serta peserta didik kelas VII A di Mts Negeri 1 Tanggamus. Sumber data sekunder adalah Profil sekolah, visi, misi dan tujuan sekolah, data guru, data peserta didik, sarana dan prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Peneliti hanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dilakukan dengan membanding-bandungkan dan mengecek ulang informasi yang didapat melalui teknik yang berbeda dan juga sumber yang berbeda. Hasil penelitian menujukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi adalah guru merumuskan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi soal dan kunci jawaban, menentukan bentuk evaluasi, menentukan alat dan tehnik evaluasi, serta menentukan waktu pelaksanaan evaluasi. Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan evaluasi adalah guru melakukan tes formatif dan sumatif dengan melihat situasi. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan tes formatif. Tes ini dinilai efektif untuk mengetahui dengan cepat tingkat pemahaman siswa dan tidak perlu menggunakan waktu khusus karena bisa dilakukan guru ketika proses belajar mengajar berlangsung. Pelaksanaan tes sumatif di MTs Negeri 1 Tanggamus dilakukan iiserentak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan diawal dengan pengawasan cukup baik oleh guru. Kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan hasil evaluasi adalah guru memberikan skor terhadap hasil tes lisan, tulis, dan tindakan atau perbuatan sesuai yang telah dilakukan siswa, membahas ulang tes yang telah diujikan, dan menganalisis hasil belajar siswa. Interpretasi hasil belajarnya guru memberikan tindak lanjut berupa remidi bagi siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan dan memberikan program pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Selanjutnya, hasil dari keseluruhan evaluasi dipergunakan untuk pelaporan kepada wali siswa dan pihak sekolah sebagai bukti ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dalam hal kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII A di Mts N 1 Tanggamus, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami tehnik dan prosedur penilaian serta mampu mengembangkan tes hasil belajar dengan baik. Dan setelah dilakukan penelitian di MTs Negeri 1 Tanggamus, maka dapat disimpulkan bahwa guru akidah akhlak di Mts Negeri 1 Tanggamus memiliki kompetensi yang cukup dalam pelaksanaan evaluasi belajar. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Evaluasi Pembelajaran berbasis daring, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2021 05:06
Last Modified: 07 Dec 2021 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item