ANAK USIA DINI MELALUI METODE IQRO DI TK AL-HIDAYAH TANJUNG KARANG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG

DINNY, ANJANI (2021) ANAK USIA DINI MELALUI METODE IQRO DI TK AL-HIDAYAH TANJUNG KARANG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dinidocx.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal dan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Membaca dalam hal ini bukan berkaitan dalam hal membaca atau mengenal huruf-huruf abjad saja atau huruf-huruf alfabet (a-z), akan tetapi hal yang lebih penting yaitu pengenalan huruf-huruf hijaiyah (huruf Arab) pada anak sejak dini. Mengajarkan membaca huruf hijaiyah sejak anak usia dini merupakan kegiatan yang bisa dibilang sulit namun jika kita melihat perkembangan dari anak bisa mengenal satu bahkan dua atau lebih dari tiga huruf saja itu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi kita selaku pendidik meskipun hal ini tidak mudah kita lakuakan dan harus memiliki sifat sabar.Mempelajari Al-Qur’an membutuhkan metode agar peserta didik cepat memahami tata cara membaca Al-Qur’anSalah satu metode dan sistem pembelajaran Al-Qur’an yang berkembang sekarang adalah metode iqra’.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan perkembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini melalui metode iqro di TK Al-Hidayah Tanjung Karang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Sumber data diperoleh dari subjek penelitian yang berjumlah 13 anak TK kelas B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah proses kegiatan guru di TK AL-Hidayah dalam mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini melalui metode iqro’ sudah terencana dan terlaksana dengan baik, dengan menunjukkan hasil diketahui terdapat beberapa anak yang sudah mampu menyebutkan symbol- simbol huruh hijaiyah, mampu memahami hungan antara bunyi dan huruf hijaiyah dan mampu melafadzkan huruf hijaiyah. Kata kunci : Kemampuan membaca huruf hijaiyah, Metode iqro’

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:29
Last Modified: 07 Dec 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16623

Actions (login required)

View Item View Item