PEMANFAATAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 KELUMBAYAN BARAT TANGGAMUS

FIDIAN, ABRON (2021) PEMANFAATAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 KELUMBAYAN BARAT TANGGAMUS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS (COVER - DAFTAR PUSTAKA) FIDIAN ABRON.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS FULL FIDIAN ABRON.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMANFAATAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N KELUMBAYAN BARAT TANGGAMUS ABSTRAK Oleh FIDIAN ABRON Pemanfaatam Media Pembelajaran Online atau dalam jaringan (daring) Mata Peajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kelumbayan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan E-learning atau Daring dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dimasa pandemi serta mengukur seberapa efektifkah media E-learning terhadap pembelajaran siswa di SMP N 1 Kelumbayan Barat. Latar belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan suasana pembelajaran pada masa pandemi yang mengarah pada daring kemudian peran teknologi yang sudah sangat maju dengan adanya internet menciptakan sebuah media pembelajaran yang disebut e-learning atau belajar online. E-learning atau daring sendiri digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu, supaya lebih memudahkan guru dan siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menelaah aplikasi-aplikasi online yang dimanfaatkan dalam pembelajaran daring dan bahan ajaran yang disampaiakan oleh guru PAI, juga Proses pembelajaran online yang dilakukan guru dalam memanfaatkan media Pembelajaran online (daring) pada masa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesmipulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan e-learning dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Kelumbayan Barat kurang maksimal banyak kendala yang dihadapi guru dan siswa, yang mana pembelajaran online di SMP N 1 Kelumbayan Barat ini merupakan sesatau yang baru perlu adanya perkenalan terhadap media-media lebih dalam lagi. Kedua, penerapan e-learning dalam pembelajaran PAI hanya beberapa media yaitu whatshapp grup, googleclasroom, google meet, yang memang dari ketiga ini relatif ringan dan efektif diterapkan disana. Dalam suasana pandemi ini pemanfaatan media online dalam pemebalajaran daring kurang efektif terhadap belajar siswa apa lagi PAI banyak yang harus dilakukan secara praktek seperti hafalan dan praktek ibadah. Sebelum dilaksanakan program pembelajaran online perlu dipersiapkan fasilitas pendukung, kompetensi serta pelatihan terlebih dahulu kepada siswa, guru dan para orang tua. Tanpa persiapan yang baik maka akan mempengaruhi kualitas hasil belajar mengajar. Memeberikan materi tambahan pada siswa dengan metode bergilir seperti program satu hari lima siswa datang kesekolah yang mana guru juga memang selalu piket pergi kesekolah, dalam kesempatan piket itu waktunya dipakai untuk mengajar siswa secara langsung hususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pemanfaatan Pembelajaran Online, PAI, Masa Pandemi. vi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:01
Last Modified: 07 Dec 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item