TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN KRU WEDDING ORGANIZER (Studi pada Amaze Production Kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung)

KEMAS, MUHAMMAD ROBBY ADRIAN (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN KRU WEDDING ORGANIZER (Studi pada Amaze Production Kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_KEMAS MUHAMMAD ROBBY ADRIAN_1721030250.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Dunia semakin semarak dengan berbagai jenis varian bisnis untuk memenuhi Kebutuhan dan Kesejahteraan hidup manusia, sama halnya dengan bisnis yang bergerak di bidang penyelenggara persiapan pernikahan. Seperti Wedding organizer yang bertugas untuk menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran jalannnya sebuah pesta pernikahan dari mulai akad nikah ,resepsi pernikahan dan menyusun rundown acara. Rumusan masalah dibahas dalam Penlitian ini adalah bagaimana sistem pengupahan kru wedding organizer serta pandangan hukum Islam tentang pengupahan di Amaze production Bandar Lampung. Sedangkan Tujuan penlitian nya adalah untuk mengetahui sistem pengupahan kru wedding Organizer serta mengetahui pandangan hukum Islam tentang pengupahan kru wedding organizer. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (Field Research) yang bersifat deskritif analisis Dengan populasi 10 orang untuk dijadikan penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi, observasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu disesuaikan dengan kajian penelitian, yaitu tinjauan Hukum Islam tentang sistem pengupahan Kru Wedding Organizer yang akan dikaji menggunkan metode kualitatif. Bedasarkan hasil penelitian yang berhasil dihimpun oleh peneliti dalam judul skripsi “Tinjauan Hukum Islam Tentang Sistem Pengupahan kru Wedding Organizer di Amaze Production Bandar Lampung” maka dapat disimpulkan Faktor-faktor penyebab terjadinya upah yang berbeda dari akad yang telah ditentukan dan terlambatnya upah yang dibayarkan kepada kru adalah : upah dari kru baru bisa di bayarkan jika pelanggan melakukan pelunasan uang jasa kepada owner, dan tidak sesuai nya upah yang dibayarkan kepada kru oleh owner karena, pelanggan yang menggunakan jasa wedding organuzer tersebut meminta diskon untuk pernikahanya tersebut. mengenai sistem kerja tidak sesuai dengan hukum Islam, mengenai akad, penentuan upah, pembayaran upah dan kendala dalam pembayaran masih ada beberapa kru merasa dirugikan karena keterlambatan dalam iipembayaran upah pekerja dimana upah dibayar harus menunggu klien melakukan pelunasan uang jasa tersebut. Dimana dalam Islam “bayarlah upah pekerja sebelum keringatnya kering” sehingga pembayaran upahnya tidak sesuai dengan hukum Islam dimana dalam islam itu pembayaran upah harus dibayar sesuai akad yang sudah di sepakati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:32
Last Modified: 07 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16620

Actions (login required)

View Item View Item