ANALISIS JUMLAH PASIEN MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING TERHADAP EFISIENSI RAWAT INAP BERDASARKAN GRAFIK BARBER JOHNSON

SAKTI, AKTARIM (2021) ANALISIS JUMLAH PASIEN MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING TERHADAP EFISIENSI RAWAT INAP BERDASARKAN GRAFIK BARBER JOHNSON. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Sakti Aktarim.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS JUMLAH PASIEN MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING TERHADAP EFISIENSI RAWAT INAP BERDASARKAN GRAFIK BARBER JOHNSON Oleh Sakti Aktarim 1711050213 Efisiensi rawat inap merupakan suatu bentuk keberhasilan dalam merawat atau melayani pasien. Berdasarkan hubungan antara jumlah pasien rawat inap dan tempat tidur di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Dengan meramalkan jumlah pasien rawat inap yang akan datang menggunakan Exponential Smoothing dalam kurun waktu dua tahun, lalu menghubungkan dengan efisiensi tempat tidur berdasarkan Grafik Barber Johnson. Dengan ini pihak rumah sakit dapat melakukan perancangan mengenai efisiensi tempat tidur maupun fasilitas atau pelayanan yang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat model matematika yang dapat digunakan untuk efisiensi rawat inap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah jumlah pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah pasien pada masa lalu dengan jangka waktu empat tahun sebelumnya dan empat bulan data SHRI. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Analisis data Exponential Smoothing menggunakan aplikasi R Studio sedangkan grafik Barber Johnson menggunakan microsoft excel. Dari hasil analisis diperoleh nilai ramalan jumlah pasien masih dalam sebaran data yang berdampak Covid-19 dengan rata-rata jumlah pasien adalah 466 pasien perbulan, sedangkan efisien rawat inap sebelum Covid-19 terdapat tingkat efisien rawat inap dengan nilai efisien dan dua bulan memasuki Covid-19 nilai efisien rawat inap sangat rendah. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: Dengan menggunakan model matematika yaitu diketahui hasil rawat inap selama dua tahun kedepan dengan nilai rata-rata efisien 35,46%, selama dua tahun kedepan nilai efisien rawat inap tidak ada yang 70% sampai 80% berarti selama dua tahun kedepan rawat inap tidak efisien. Rencana agar rawat inap tetap berada pada titik efisien untuk dua tahun kedepan yaitu mengikuti pemerintah Indonesia atas wabah virus corona, pelayanan medis, faktor uang, fasilitas rumah sakit, metode dan markets. Kata Kunci: Jumlah Pasien, Efisiensi Rawat Inap, Ramalan Exponential Smoothing dan Grafik Barber Johnson.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:51
Last Modified: 06 Dec 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16611

Actions (login required)

View Item View Item