PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

AYU, LESTARI (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Guru profesional akan menjalankan tugasnya secara prefesional untuk menghasilkan tamatan yang lebih bermutu. Hal ini di dukung dengan peran kepala sekolah sebagai supervisor yang mempunyai tugas untuk meningkatkan kompetensi prefesional guru dalam upaya mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik melalui cara mengajar yang lebih efesien, kemampuan penguasaan materi secara luas yang memungkin membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, seorang guru mempunyai peranan penting dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. dengan mengamati peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan guru. Objek penelitian ini adalah peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer di pilih langsung dari responden, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dari buku dan jurnal serta penunjang lain yang di peroleh dari dokumentasi sekolah. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung telah berjalan. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kesadaran guru dalam mengembangkan kinerja serta penguasaan materi secara mendalam. Kemudian memungkinkan peserta didik memenuhi standar kompetensi yang di tentukan dalam standar pendidikan nasional dan meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan tugasnya. meskipun masih ada yang perlu di perbaiki lagi yaitu mengenai kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Kata Kunci: Kompetensi Prefesional Guru, Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor. iiiProfessional teachers will carry out their duties professionally to produce higher quality graduates. This is supported by the role of the principal as a supervisor who has the task of increasing the professional competence of teachers in an effort to realize a better learning process through more efficient teaching methods, the ability to master material broadly which enables students to meet competency standards. This study aims to describe the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers, a teacher has an important role in the formation of knowledge, skills, and character of students. This research is a qualitative descriptive research using a case study approach. by observing the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. The subjects of this study were the principal, vice principal of the curriculum section, and teachers. The object of this research is the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. This study uses data collection techniques by means of observation, interviews and documentation. Primary data is selected directly from respondents, while secondary data is in the form of theories from books and journals and other supports obtained from school documentation. Meanwhile, the validity of the data was tested by triangulation of sources. Data analysis in this study used data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the results of the study, it can be concluded that the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung has been running. This is indicated by the increased awareness of teachers in developing performance and mastery of the material in depth. Then enable students to meet the competency standards specified in the national education standards and improve the skills of teachers in carrying out their duties. although there is still something that needs to be improved again, namely regarding the ability of teachers in mastering learning media during the current pandemic. Keywords: Teacher Professional Competence, Principal's Role as Supervisor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:39
Last Modified: 06 Dec 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item View Item