PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION, ELABORATION, WRITE, AND EVALUATION (POE2WE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS

ONI, MAYA RANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION, ELABORATION, WRITE, AND EVALUATION (POE2WE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ONI MAYA RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan ilmu atau pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah matematika sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah matematis. Kemampuan penalaran matematis merupakan kecakapan peserta didik untuk memecahkan persoalan matematis dengan menggunakan nalar untuk membuktikan suatu pernyataan, membangun gagasan baru, dan menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik didalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dikarenakan pemecahan masalah merupakan langkah awal peserta didik dalam mengembangkan ide-ide dalam membangun pengetahuan baru serta mengembangkan keterampilan dalam matematika. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di MTs Miftahul Ulum Way Tuba tahun pelajaran 2021/2022, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs tersebut masih rendah. Selain kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah, kemampuan penalaran peserta didik dalam pembelajaran matematika juga masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembejaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, And Evaluation (POE2WE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran POE2WE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. (2) Pengaruh model pembelajaran POE2WE dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. (3) Pengaruh model pembelajaran POE2WE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik. Penelitian menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Desaign, sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B dan VIII D MTs Miftahul Ulum. Pengambilan sample menggunakan tenik Cluster Random Sampling. Teknik dalam mengumpulkan data berupa tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunkaan Uji Multivariate Analysis of Variance (Manova). Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan nilai dari kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, Elaboration, Explanation, Write, and Evaluation (POE2WE); (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, Elaboration, Explanation, Write, and Evaluation (POE2WE); (3) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, Elaboration, Explanation, Write, and Evaluation (POE2WE). Sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh model pembelajaran POE2WE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, And Evaluation (Poe2we), Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:11
Last Modified: 06 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16608

Actions (login required)

View Item View Item