PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI) DENGAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP

ANITA, RAHAYU PAMINTANINGSIH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI) DENGAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANITA RAHAYU PAMINTANINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh siswa sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil ulangan harian mata pelajaran matematika bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Darul A’mal Metro masih rendah, dilihat dari proses siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru sehingga siswa belum mampu menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Selain itu, kurang bervariasinya model pembelajaran. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan Model CRI dengan Teknik IOC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran CRI dengan teknik IOC dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Teknik pengampilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil uji MANOVA diperoleh nilai dari Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root = 0,000 dan nilai α kriteria uji = 0,05 yang berarti nilai p-value lebih kecil dibandingkan α kriteria uji, sehingga H0 ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Model CRI dengan Teknik IOC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kata Kunci : CRI, IOC, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:55
Last Modified: 03 Dec 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item