PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MENGGALA

Amelia, WN (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MENGGALA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_AMELIA WN_1711010010.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan atau rangkaian kegiatan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa guru belum mengembangkan strategi pembelajaran yang mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kurang nya kerja sama antara siswa dengan siswa lain nya, kurang nya berkonsentrasi hal ini dapat menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Strategi Pembelajaran Heuristik Vee untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kreatifitas nya baik itu kemampuan individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan jenis posttest only control design. Dengan design ini penelitian ini, menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel, dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2, sebanyak 71 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes dan dokumentasi. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan uji-t, didapatkan nilai Sig. 000 maka jika nilai Sig. < 0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Menggala. Kata Kunci; Strategi Heuristik Vee, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:57
Last Modified: 02 Dec 2021 08:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item