PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 RUMBIA

Arif, Wiranto (2021) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 RUMBIA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan belajar merupakan suatu jarak antara prestasi akademik yang diharapkan dengan prestasi akademi yang diperoleh.Penelitian yang berjudul “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Rumbia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada peserta didik. 2) Mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. 3) Hambatan-hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif naratif, dengan subjek penelitian terdiri dari tujuh partisipan, yaitu: guru bimbingan dan konseling, peserta didik dan wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Rumbia menunjukkan bahwa : 1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik terdiri dari faktor internal yang meliputi kesehatan, minat, kemampuan dan motivasi diri peserta didik dalam belajar. Faktor eksternal meliputi kelompok teman dan metode atau cara guru mata pelajaran menjelaskan materi pelajaran. 2) Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, melakukan identifikasi kesulitan belajar, dan melakukan layanan konseling kelompok. 3) Hambatan-hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar adalah terbatas untuk bertatap muka langsung karena harus melewati izin, untuk melakukan home visit tidak memungkinkan, kurangnya kepedulian orang tua dan masih ada peserta didik yang belum terbuka dengan guru bimbingan dan konseling karena menganggap berurusan dengan anak-anak yang bermasalah sehingga peserta didik takut berkomunikasi dengan guru bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Peranan Guru Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:45
Last Modified: 02 Dec 2021 08:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item