UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENDISIPLINKAN GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Dwi, Okta Herlintina (2021) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENDISIPLINKAN GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Revisi  Dwi Okta H.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk mengorganisasikan para bawahnnya, tugas-tugas dan program-program yang ada disekolahan dalam rangka mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien.Kepala sekolah juga harus mampu menumbukan sikap disiplin terutama disiplin diri, agar dapat meningkatkan standar perilakunya serta melaksanakan peraturan sebagai alat untuk menegakkan kedisiplinan.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peraturan yang kepala sekolah terapkan dalam upaya mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, mengetahui penghargaan yang kepala sekolah berikan dalam upaya mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, mengetahui hukuman yang kepala sekolah berikan dalam dalam upaya mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung serta untuk mengetahui konsistensi kepala sekolah dalam upaya mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, waka kurikulum, Dan Guru SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung.data sekunder adalah yaitu berupa data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang di peroleh dari dokumen sekolah. analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan, uji kebasahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : peraturan yang dibuat oleh kepala dalam mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung yang tertuang dalam fakta integritas yang dibuat oleh kepala sekolah sudah berjalan cukup baik hal ini dapat hal ini dapat dilihat dari tingkat kedisiplinan guru dalam mengatur waktu baik dalam melakukan kegiatan yang ada di sekolah maupun pekerjaan yang diberikan kepada para guru, Dalam memberikan suatu reward/ penghargaan kepada guru yang memiliki kinerja dan prestasi yang baik di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sudah diterapakan dengan baik. Dalam penilaian guru yang memiliki didiplin yang baik di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sendiri memiliki nilai lapor yang didalamnya terdapat penilaian semua kegiatan yang dilakukan guru dengan jangkan waktu setahun terakhir. Selain itu juga terdapat perlombaan yang dilakukan sekolah dengan cara membuat perlombaan antar guru di sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar lampung dalam pemberian pengahargaan ini kepala sekolah akan memberikan reward yaitu penghargaan berupa tunjangan dan bonus. kepala sekolah dalam memberikan hukuman kepada guru yang melakukan tindakan indispliner di SD Muhammadiyah 1 Banda Lampung yaitu apabila terdapat guru yang melakukan Pelanggaran terhadap disiplin akan diberikan hukuman berdasarkan peraturan yang telah ditentukan dan akan diancam dengan hukuman administrasi yang sifatnya berjenjang dari yang paling ringan sampai yang paling berat Konsistensi kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dalam menegakan peraturan sudah berjalan baik yaitu dapat dilihat ketika kepala sekolah membuat peraturan selalu disosialisakan kepada para guru terlebih dahulu supaya tidak terjadi kesalahpaham. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah sudah berupaya mendisiplinkan guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, upaya yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan membuat peraturan; memberikan penghargaan bagi guru yang memiliki prestasi dan memiliki kinerja yang baik; memberikan hukuman kepada guru yang melakukan tindakan indispliner; dan konsistem terhadap peraturan yang sudah di buat. Kata kunci :kepala sekolah, disiplin guru iiiABSTRACT The principal as a leader has the responsibility to organize his subordinates, tasks and programs in the school in order to achieve school goals effectively and efficiently. The principal must also be able to cultivate a disciplined attitude, especially self-discipline, in order to increase his standard of behavior and implement regulations as a tool to enforce discipline. This study aims to find out the regulations that the principal applies in an effort to discipline teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, to find out the rewards that the principal gives in an effort to discipline teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, to know the punishment that the principal gives in an effort to discipline teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung and to find out the consistency of the principal in an effort to discipline teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This study uses qualitative descriptive methods, data collection techniques using three techniques, namely interviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the Principal, Waka Curriculum, and Teachers of SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. secondary data is in the form of documentation data and other supporting data obtained from school documents. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and decision making, data wetness test is carried out using source triangulation. The results of this study indicate that: the regulations made bythe principal in disciplining teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung which are contained in the fact that the integrity made by the principal has been running quite well, this can be seen from the level of teacher discipline in managing time both in carry out activities at school and work assigned to teacher. In giving a reward/award to teachers who have good performance and achievements at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung it has been applied properly, in the assessment of teachers who excel at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung it self has a report value in which there is an assessment of all activities carried out by teachers with a period of the last one year. In addition there is also a competition conducted by the school by making a competition between theachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung in giving this award, the principal will give award, namely awards in the form of allowances and bonuses. The principal in giving punishment to tecahers who commit disciplinary actions at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, namely if there are teacher who violate discipline, they will be punishment according tp predetermined regulations and will be threatened with administrative penalties that are tiered from the lightest tp the most severe heavy. The consistency of the principal of SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung in enforcing the regulations has been going well, which can be seen when the principal makes the rules always socialized to the tecahers first so that there is no misunderstanding. The conclusion in this study is tha, the principal has tried to discipline teachers at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, the efforts made by the principal are by making regulations; provide awards for teachers who have achievements and have good performance; give punishment to teachers who commit disciplinary actions; and consistent with the rules that have been made. Keywords: principal, teacher discipline

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:01
Last Modified: 02 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item