TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN PENAMBANGAN BATU ( Studi di Desa Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

SITI, ADE FANI JUNAIDI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN PENAMBANGAN BATU ( Studi di Desa Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SITI ADE FANI JUNAIDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perjanjian bagi hasil adalah perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih yang mana para pihak tersebut mengikatkan dirinya untuk melaksanakan kesepaktan yang telah dibuat. Praktik kerjasama bagi hasil pengelolaan tambang batu yang terjadi di Desa Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan merupakan kerjasama dengan akad Mudharabah dengan perjanjian bagi hasil oleh pemilik lahan dan pengelola tambang. Perjanjian kerjasama dilakukan secara lisan berdasarkan saling percaya dan kekeluargaan. Pelaksanaannya yaitu pemilik lahan memberikan izin kepada pengelola untuk melakukan atau melaksanakan suatu usaha dari tambang batu namun untuk modal oprasional dibebankan kepadanya. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik kerjasama pengelolaan tambang batu di Desa Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kecamatan Lampung Selatan ? dan bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik kerjasama pengelolaan tambang dengan mengunakan akad Mudharabah dengan pelaksanaannya mengunakan sistem upah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik kerjasama bagi hasil pengelolaan tambang batu di Desa Lematang Kecamatan Tanjung Bintang Kecamatan Lampung Selatan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik bagi hasil pengelolaan tambang dengan pelaksanaan mengunakan sistem upah mengupah. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang mengambarkan tentang keadaan atau peristiwa tertentu yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis mengunakan teknik Wawacara, Dukumentasi dan Pengamatan secara langsung. Selanjutnya pengolahan data penulis mengunakan metode induktif dimana teknik berangkat dari sesuatu yang khusus kemudian ditarik menjadi umum. Praktik kerjasama yang dilakukan oleh pemilik lahan dengan para pengelola menggunakan akad bagi hasil (Mudharabah) dimana dalam proses pembagian keuntungan sesuai dengan jumlah kesepakatan bersama. Pada penelitian ini bahwa pelaksanaan praktik kerjasama pengelolaan panambangan batu di Desa Lematang adalah tidak sah hal ini terjadi ketidak sesuaian kesepatan bagi hasil akad Mudharabah dengan pelaksanaannya yang mengunakan sistem upah antara pengelola utama dengan pengelola pembantu sehingga terjadi ketidak jelasan besaran uang yang diterima oleh para pengelola pembantu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:35
Last Modified: 01 Dec 2021 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item View Item