IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO TANGGAMUS

Bintang, Nur Cahyadi (2021) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. Meliputi perencanaan, pelaksanaan atau teknik dan evaluasi supervisi akademik Kepala Madrasah yang bertujuan untuk mengetahui implementasi program supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung meneliti ke lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. Adapun informan penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu: kepala madrasah, waka kurikulum dan guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Untuk uji keabsahan atau validasi data penulis menggunakan uji credibility, triangulasi, uji transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1. perencanaan program supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru sudah tersusun dengan benar sesuai dengan ketentuan yang ada. 2. Teknik supervisi yang dilakukan kepala madrasah saat melaksanakan supervisi akademik dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah dengan menggunakan teknik supervisi secara individu dan kelompok. 3. Evaluasi supervisi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru dilihat dari kinerja yang ditunjukkan guru, dengan adanya kegiatan supervisi akademik ini guru sangat terbantu dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan penjelasan di atas bahwa Implementasi supervisi akademik kepala Madrasah dalam mengembangkan profesionalisme Guru di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus sudah berjalan baik. Namun, ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Maka dari itu, agar program kegiatan supervisi akademik kepala Madrasah di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus senantiasa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi pelaksanaan supervisi akademik yang terstruktur serta sistematis sehingga dapat memperoleh hasil yang baik dari program kegiatan belajar mengajar MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. Sehingga supervisi akademik ini bisa di katakana lebih baik lagi untuk jangka panjang agar keberhasilan program implementasi supervisi akademik di MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus dapat di pertahankan dan berjalan lancar. Kata Kunci : Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru iiABSTRACT This study aims to describe the Implementation of Academic Supervision of Madrasah Heads in Developing Teacher Professionalism at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. Includes planning, implementation or technique and evaluation of the academic supervision of the Head of Madrasah which aims to determine the implementation of the academic supervision program carried out by the Head of Madrasah at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. This study uses a qualitative approach. Where researchers directly examine the field. By using data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation studies conducted at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. The informants of this study amounted to 3 people, namely: the head of the madrasa, the waka of the curriculum and the teacher of social science subjects. To test the validity or validation of the data, the authors use the credibility test, triangulation, transferability, dependability, and confirmability tests. The results of this study revealed three findings, namely: 1) the planning of the academic supervision program carried out by the head of the madrasa in developing teacher professionalism has been properly structured in accordance with existing provisions. 2) The supervision technique carried out by the madrasah principal when carrying out academic supervision in developing teacher professionalism is to use individual and group supervision techniques. 3) Evaluation of the supervision carried out by the head of madrasa in developing teacher professionalism is seen from the performance shown by the teacher, with this academic supervision activity the teacher is greatly helped in dealing with any problems encountered related to learning activities. Based on the explanation above, the implementation of the academic supervision of the Madrasah head in developing teacher professionalism at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus has been going well. However, there are some things that need to be fixed and improved. Therefore, the academic supervision activity program for the Madrasah head at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus is always maintained and the implementation of academic supervision is structured and systematic so that it can obtain good results from the teaching and learning activity program at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus. So that this academic supervision can be said to be even better in the long term so that the success of the implementation of the academic supervision program at MTs Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus can be maintained and run smoothly. Keywords: Academic Supervision of Madrasah Principals, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:30
Last Modified: 01 Dec 2021 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item