PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Yurista, Selvira (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL YURISTA SELVIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik berisi tentang rendahnya tingkat pemahaman konsep matematika khususnya pada pembelajaran matematika karena dianggap sulit serta sumber belajar berupa buku cetak dari sekolah yang digunakan peserta didik masih sulit dipahami dan kurang menariknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis open ended problem dan untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh sugiono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Berdasarkan analisi data yang diperoleh dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media mendapatkan rata-rata hasil validasi 88,4% dengan kategori “sangat layak” dan layak untuk digunakan, serta analisis data yang diperoleh dari respon pendidik mendapatkan rata-rata 87% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik mendapatkan 91% dengan kategori “sangat layak”. Hal ini berarti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh penulis dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik dan pendidik SD/MI kelas IV. Kata Kunci : open ended problem, Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:16
Last Modified: 01 Dec 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item