IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

ARISKA, ANGGRAINY (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ARISKA ANGGRAINY_1711080017.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Implementasi Layanan Konseling Individu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi minat belajar peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan, serta evaluasi Implementasi Layanan Konseling Individu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif dengan deskriptif naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yaitu guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 6 Bandar Lampung mengenai Implementasi Layanan Konseling Individu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Di Masa Pandemi Di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dari responden yaitu guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: 1) perencanaan implementasi layanan konseling individu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan cara homevisit dapat mengatasi rendahnya minat belajar terhadap ketiga peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, akan tetapi SMA Negeri 6 Bandar Lampung belum memiliki program khusus untuk menangani peserta didik yang mengalami minat belajar rendah. 2) pelaksanaan layanan konseling individu guru bimbingan dan konseling menggunakan tahap pengenalan, tahap identifikasi masalah, tahap pengentasan masalah, serta membuat peserta didik merasa nyaman dalam menceritakan permasalahan yang sedang dialami.3) evaluasi implementasi layanan konseling individu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di masa pandemi di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, yaitu menggunakan layanan konseling individu untuk meningkatkan minat belajar. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan minat belajar terhadap ketiga peserta didik yang berinisial DKP, NTA, dan RAS, serta adanya kemajuan terhadap absensi disiakad. Kata kunci: Konseling Individu, Minat Belajar, Pandemi iiABSTRACT The author took the title "Implementation of the Application of Individual Counseling Services to Increase Student Interest in Learning During the Pandemic Period at SMA Negeri 6 Bandar Lampung." This study aims to find out how to plan, implement, evaluate the implementation of individual counseling services to increase student interest in learning during a pandemic at SMA Negeri 6 Bandar Lampung. The type of research used in this research is qualitative with descriptive narrative. This research uses interview, observation, and documentation data collection techniques. Primary data were obtained directly from respondents, namely guidance and counseling teachers at SMA Negeri 6 Bandar Lampung regarding the Implementation of the Implementation of Individual Counseling Services to Increase Students' Interest in Learning During the Pandemic Period at SMA Negeri 6 Bandar Lampung, while secondary data was in the form of documentation from respondents, namely guidance and counseling teachers. counseling at SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Based on the results of the research that has been carried out: 1) planning the implementation of individual counseling services to increase student interest in learning carried out by guidance and counseling teachers by way of home visits can overcome the low interest in learning for the three students of class X at SMA Negeri 6 Bandar Lampung, will but SMA Negeri 6 Bandar Lampung does not yet have a special program to handle students who experience low interest in learning. 2) the implementation of individual counseling services for guidance and counseling teachers using the introduction stage, problem identification stage, problem solving tap, and making students feel comfortable in telling the problems they are experiencing. 3) evaluation of the implementation of individual counseling services to increase student interest in learning during a pandemic at SMA Negeri 6 Bandar Lampung, namely using individual counseling services to increase interest in learning. This is indicated by an increase in interest in learning for the three students with the initials DKP, NTA, and RAS, as well as progress towards siakad absenteeism. Keywords: Individual Counseling, Learning Interest, Pandemic

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:01
Last Modified: 01 Dec 2021 06:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item