PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP PREFERENSI PENGGUNAAN E-MONEY GOPAY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH

Audria, Cahya Tari (2021) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP PREFERENSI PENGGUNAAN E-MONEY GOPAY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_Audria Cahya Tari_1751040026.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin meningkat, membuat gaya hidup menjadi lebih instan dan praktis. Keputusan menggunakan suatu teknologi erat kaitannya dengan persepsi konsumen saat menggunakan teknologi tersebut. Persepsi konsumen menjadi sangat penting untuk diketahui oleh perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen berdasarkan persepsi konsumen dalam menggunakan suatu teknologi. Salah satu teknologi yang memiliki minat pengguna terbanyak saat ini adalah uang elektronik GoPay. GoPay merupakan salah satu uang elektornik yang diterbitkan oleh PT Dompet Anak Bangsa. Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan dari PT Karya Anak Bangsa (GoJek). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori TAM yang menguji dua variabel bebas yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Adapun objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap preferensi penggunaan e-money GoPay serta pandangannya dalam manajemen syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian ini adalah assosiatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sampel yang dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan sampel 100 responden. Uji prasarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji analisis linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM SPSS versi 23. Hasil dari penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan dan persepsi kemanfataan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi penggunaan emoney GoPay. Secara simultan, persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh secara positif terhadap preferensi penggunaan e-money GoPay. Dan diperoleh nilai R square sebesar 0,551 atau 55% yang artinya bahwa variabel persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan memberikan pengaruh terhadap preferensi penggunaan e-money GoPay sebesar 55%, sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada model penelitian ini. Dalam perspektif manajemen syariah mengatur perilaku konsumen untuk menggunakan suatu teknologi harus iii berdasarkan pada nilai manfaat, nilai guna dan berkah yang diperoleh saat menggunakan teknologi tersebut untuk individu itu sendiri maupun orang lain. Kata kunci: Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Preferensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:13
Last Modified: 29 Nov 2021 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item