HUBUNGAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DITAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH SUKA MAJU TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Turrofi'ah, Aisyah (2017) HUBUNGAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DITAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH SUKA MAJU TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_Aisyah.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak adalah pembelajar sejati yang penuh kejujuran dalam merealisasikan pikiran dan mengekspresikan perasaannya. Semua orang tua tentu ingin membahagiakan anak-anaknya, melihat mereka tumbuh sehat cerdas dan sukses dalam kehidupannya. Oleh sebab itu dalam rangka mencerdaskan anak tentu harus menggunakan strategi yang handal, seperti menggunakan suatu permainan. Bermain pada prinsipnya merupakan faktor yang berpengaruh dalam periode perkembangan diri anak, intinya bermain erat kaitanya dengan perkembangan anak. Oleh karena itu pembelajaran dengan bermain diharapkan dapat meningkatkan daya kreatifitas anak, keterampilan berbahasa (pembendaharaan kata) walaupun dalam bentuk sederhana, secara khusus perkembangan kecerdasan interpersonal meliputi social sensitivity, social insight, social communication, sepertinya halnya kegiatan bermain. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan antara metode bermain peran dengan kecerdasan interpersonal di taman kanak-kanak Al-Hidayah Suka Maju Tanggamus.?” Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan metode bermain peran dengan kecerdasan interpersonal ditaman kanak-kanak Al-Hidayah Suka Maju Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif eksploratif riset yang mengklarifikasikan data yang bersifat kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terpimpin, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian ini mengguakan Uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi, uji t, (taraf nyata), koefisien determiasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rxy = 0,615 bila dikonsultasikan kedalam “r” tabel berada pada taraf korelasi 0,60-0,799 yang menunjukan taraf korelasi yang baik atau tinggi. Dengan istilah lain terdapat hubungan yang tinggi atau signifikan diantara kedua variabel tersebut. Dengan presentasi 37,8225% dipengaruhi oleh kecerdasan interpersonal anak dan 62,1775% di pegaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:43
Last Modified: 25 Oct 2017 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item