PERAN GURU MENGAJI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI TPPA ALBAROKAH DESA KELATEN KALIANDA

IMAM, MUARIF (2021) PERAN GURU MENGAJI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI TPPA ALBAROKAH DESA KELATEN KALIANDA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI IMAM MUARIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya seorang guru mengaji harus bisa menjadi motivator bagi anak didiknya agar tertarik untuk belajar mengaji dan meningkatkan minat belajar. Di TPA kadang- kadang ada santri-santri kurang tertarik dengan kegiatan mengaji yang disajikan oleh guru/ustadz, hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi mengaji dari santri. Berangkat dari pernyataan tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang peran guru mengaji sebagai motivator dalam meningkatkan belajar pada anak santri bagaimana cara penyampaiannya pembelajarannya agar mereka lebih giat lagi mengaji, sehingga memperoleh manfaat yang baik dan sesuai dengan harapan guru dan orang tua.Guru mengaji berperan sebagai pendidik dan pemberi asupan dalam penanaman nilai nilai keislaman pada santri dan santriwati yang mengenyam pendidikan di madrasah, pondok, dan TPA. Dalam pembahasan ini secara umum guru mengaji sering di sebut ustadz. Ustadz adalah seorang laki laki yang memiliki pengetahuan tentang agama yang baik dan sebagai tenaga pengajar pembimbing serta pembina dalam mengajarkan santri santrinya. Pokok masalah berdasarkan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” bagaimana Peran guru mengaji sebagai motivator dalam meningkatkan belajar santri di TPPA Al- Barokah Desa Kelaten Kalianda?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru mengaji sebagai motivator dalam meningkatkan belajar santri di TPPA Al-Barokah Desa Kelaten Kalianda. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif yaitu penelitian berdasarkan pengambilan data-data dari objek penelitian yang sebenarnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) sebab data diperoleh langsung dari masyarakat, yang mana peneliti berangkat ke lapangan langsung untuk mengadakan pengamatan.Penelitian lapangan (field research) ini berlokasi di TPPA Al-Barokah Desa Kelaten Kalianda. Dengan menggunakan teknik pegumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Observasi (pengamatan) adalah alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki oleh peneliti.Interview (wawancara) merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang lain dengan proses tanya jawab.Dokumentasi adalah proses mencari data mengenai hal-hal atau sesuatu yang berkaitan dengan masalah variabel yang berbentuk catatan, gambar, majalah, surat kabar, atau karya monumental dari seseorang Peneliti menggali fakta terkait dengan pembelajaran yang ada di TPPA yaitu dapat menjadikan santri yang kurang tertarik belajar dapat termotivasi menjadi lebih tertarik dalam belajar mengaji, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat guru dalam mengajar, dan memberikan reward atau penghargaan pujian, sistem persaingan pulang duluan, saembara berhadiah uang dua ribu sampai lima ribu sesuai tingkat kesulitan pertanyaan, dan menciptakan aktifitas yang melibatkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran. Saran dari sebuah penelitian iniyaitu untuk memudahkan dalam meningkatkan motivasi belajar santri, sudah sangat baik, namun perlu ditingkatkan dalam pengembangan metode yang lebih menarik, agar dapat memaksimalkan pengajaran Al-Qur‟an, serta memperhatikan dan meningkatkan sarana dan prasarana belajar agar lebih baik. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan kepada kepala TPPA, guru guru mengaji, pengurus, dan orang tua dari sebuah penelitian ini sebagai bahan pembelajaran bagi masyarakat luas,rujukan bagi para guru guru atau yang berkompeten dalam belajar mengajar mengaji, memperhatikan dan meningkatkan sarana prasarana belajar untuk menunjang pembelajaran, mendorong dan meyakinkan orang tua dalam menitipkan anaknya untuk belajar ngaji di TPPA, dan menjadi pengetahuan dan wawasan baru dalam pengembangan diri peneliti di dunia Pendidikan Islami berbasis TPPA. Kata Kunci : Guru Mengaji, Meningkatkan belajar Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:29
Last Modified: 26 Nov 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16547

Actions (login required)

View Item View Item