POLA MEMBACA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MEMAHAMI SUATU BAHAN BACAAN

Nurma, Yulita (2021) POLA MEMBACA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MEMAHAMI SUATU BAHAN BACAAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURMA YULITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK POLA MEMBACA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MEMAHAMI SUATU BAHAN BACAAN Oleh NURMA YULITA Membaca adalah aktivitas yang penting khususnya bagi mahasiswa pendidikan biologi yang memiliki spesifikasi sebagai tenaga pengajar di bidang Biologi. Namun bahan bacaan yang berbentuk bahasa asing menjadi faktor yang menyulitkan mahasiswa untuk memahami bahan bacaan biologi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola membaca mahasiswa pendidikan biologi dalam memahami bahan bacaan dengan objek penelitian adalah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada 40 Mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan adalah analisis deksriptif yang terdiri dari tahap Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (display data), dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Gambaran perilaku membaca pada Mahasiswa Pendidikan Biologi yakni, Pertama waktu membaca, Waktu membaca adalah Malam Hari, Ketika Waktu Senggang, dan Ketika ada Tugas, Sedangkan berdasarkan kuantitas waktu yang disediakan tersebut adalah 1 Jam, 2 Jam, dan Tidak Menentu. Kedua, Jenis Bacaan yang disukai oleh Mahasiswa umumnya adalah Bahan Bacaan Ilmiah, Selanjutnya Bahan Bacaan yang memiliki Gambar, dan Bahan bacaan yang berbentuk Novel/Fiksi ini akan lebih disukai dan dipilih oleh responden daripada bahan bacaan ilmiah umum. Adapun bahan bacaan yang tidak disukai oleh Mahasiswa Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut: Anatomi tubuh manusia, Bahan Bacaan yang terlalu tebal, dan Bahasan iiSejarah. Ketiga, Alasan Memilih Bacaan. Adapun menurut responden alasan memilih bacaan yang dibaca berdasarkan dapat menambah pengetahuan / informasi dan Memperkaya referensi. Keempat, Kesulitan Membaca Bahan Bacaan yakni Kata yang sulit dipaham, Banyak Bahasa Asing, Buku Monoton / tidak bergambar, Sulit berkonsentrasi, dan Tulisan terlalu kecil. Terakhir Persepsi terhadap Bacaan Biologi saat ini adalah Bahan bacaan banyak yang tidak disertai gambar, Bahan bacaan memiliki bahasa yang tidak dapat dipahami, dan Membuat jenuh dan membosankan. (2) Berdasarkan pola membaca mahasiswa pendidikan biologi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung memiliki gambaran kemampuan memahmi arti kata memiliki skor 69,84%. Kamampuan memahami makan tersurat dan tersirat memiliki skor 73,75%. Serta Kemampuan dalam membuat kesimpulan memiliki skor 77%.Dari ketiga indikator, indikator kemampuan dalam membuat kesimpulan adalah indikator yang paling dominan. (3) Berdasarkan informasi responden, adapun faktor pendukung dari pola membaca mahasiswa Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut: Suasana Membaca, Mood dan Perasaan, Adanya Gambar Penjelas, Kondisi Fisik dan Psikis, Bahasa Bacaan yang mudah di pahami, serta Niat dan Motivasi. Sedangakn Faktor yang Menghambat Pola Membaca Mahasiswa dalam memahami Bahan Bacaan diantaranya yakni Waktu yang tidak tepat, Tempat yang kurang nyaman, Tidak adanya tugas, Keterbatasan bahan bacaan. Kata Kunci: Pola, Membaca, Bahan Bacaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:18
Last Modified: 26 Nov 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item View Item