EKSPLORASI KONSEP INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM KURIKULUM BIOLOGI SMA

FARIDA, USWATUN KHASANAH (2021) EKSPLORASI KONSEP INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM KURIKULUM BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi FARIDA USWATUN KHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki manusia agar menjadi insan yang berperadaban. Pendidikan dilangsungkan untuk membentuk berbagai aspek penting yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan meliputi aspek spiritual, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pendidikan mendapakan masalah berupa krisis moral dan sikap pada diri peserta didik. Komisi Pertolongan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan bahwa sejak tahun 2017 ada sebanyak 22 laporan masalah dan 46 yang terlibat masalah kecanduan dan penyalahgunaan narkoba dan terus meningkat setiap tahunnya. Perlu adanya penjabaran nilai-nilai dalam proses pembelajaran sehingga semua aspek yang dibutuhkan akan terbentuk dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten sehingga peneliti tidak turun langsung ke lapangan untuk mengambil data yang dibutuhkan. Metode analisis konten digunakan untuk menganalisis dan mengeksplor nilai-nilai yang terkandung dalam materi biologi SMA pada kurikulum 2013. Penelitan ini dilakukan dengan dua proses yaitu : 1) mengembangkan kerangka yang akan dipakai untuk analisis berupa spektrum nilai dalam materi biologi, 2) Melakukan analisis konten. Sumber primer berasal dari KI dan KD sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal serta literatur lainnya yang dapat dijadikan sebagai data pelengkap. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan periset. Berdasarkan hasil analisis KI dan KD dengan menggunakan analisis konten didapatkan berbagai nilai yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran meliputi nilai spiritual, sosial, intelektual dan praktis. Nilai-nilai tersebut menunjukkan adanya integrasi anatara sains dan agama sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tidak serat akan nilai. konsep ini sesuai dengan model integrasi oleh Robbin Forgaty tipe shared yang berusaha mengintegrasikan antara dua bidang ilmu sehingga setiap kompetensi dapat dikembangan. Kata kunci : Integrasi, Sains dan Agama, Kurikulum. iiABSTRACT Education is one of the important elements in human life. Education aims to develop the potential of humans to become civilized human beings. Education is carried out to form various important aspects needed by humans in life including spiritual aspects, attitudes, knowledge, and skills. Education has problems in the form of moral crises and attitudes in students. The Indonesian Child Relief Commission (KPAI) stated that since 2017 there have been 22 reports of problems and 46 involved with drug addiction and abuse problems and it continues to increase every year. There needs to be a translation of values in the learning process so that all the aspects needed will be well-formed. This research is qualitative research with a content analysis method so that the researcher does not go directly to the field to collect the required data. The content analysis method is used to analyze and explore the values contained in high school biology material in the 2013 curriculum. This research was carried out in two processes, namely: 1) developing a framework that will be used for analysis in the form of a spectrum of values in biology material, 2) Conducting content analysis. Primary sources come from KI and KD while secondary sources are books, journals, and other literature that can be used as complementary data. The triangulation used in this research is the source and researcher triangulation. Based on the results of the KI and KD analysis using content analysis, various values that can be developed in the learning process are obtained, including spiritual, social, intellectual, and practical values. These values indicate an integration between science and religion so that in the implementation of learning there are no values. This concept is in accordance with the shared type of integration model by Robbin Forgaty which seeks to integrate two fields of knowledge so that each competency can be developed. Keywords: Integration, Science and Religion, Curriculum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:06
Last Modified: 26 Nov 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16545

Actions (login required)

View Item View Item