PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LIFE SKILLS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VI SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH

Ayu, Novita Putri (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LIFE SKILLS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VI SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI   BAB 1&5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL AYU NOVITA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar dibidang agama dan belum adanya pengembangan bahan ajar elektronik berbasis life skills. Sebagaimana tujuan dari K13 yaitu menghendaki pembelajaran agar mengarah pada pemberdayaan semua potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkompetensi dalam kehidupannya maka diperlukan kreatifitas atau pengembangan bahan ajar yang dapat digunakan tanpa adanya batasan jumlah dan mengandung aspek-aspek life skills guna mewujudkan tujuan tersebut meskipun diera pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangam yang bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran berupa E-modul berbasis life skills pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI semester I di Madrasah Ibtidaiyah. E- modul merupakan bahan ajar pendamping dan bersifat mandiri yang dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik belajar dari rumah. Bahan ajar E- modul berbasis life skills diharapkan dapat menjadi sarana dalam upaya meningkatkan life skills peserta didik yang berguna untuk melanjutkan pendidikan berikutnya. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, dua ahli materi, dua ahli media dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 20 peserta didik (10 peserta didik kelas VI MIS Nurul Iman Sekincau Lampung Barat dan 10 peserta didik MI Terpadu Muhammadiah Bandar Lampung). Sedangkan uji skala besar terdiri dari 58 peserta didik yaitu 28 peserta didik kelas VI MIS Nurul Iman Sekincau dan 30 peserta didik kelas VI MI Terpadu Muhammadiah Bandar Lampung. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E- modul berbasis life skills pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI semester I Madrasah Ibtidaiyah memperoleh nilai rata-rata ahli materi 72,23% dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan, rata-rata dari ahli bahasa 81,25% dengan kategori sangat layak, dan rata-rata dari ahli media 78,89% dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Sedangkan rata-rata penilaian yang diberikan oleh pengguna yaitu pendidik adalah 83,32% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Dan penilaian dari peserta didik pada skala kecil adalah 92,52% dan skala besar memperoleh 91,78% dengan kategori sangat menarik/sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka bahan ajar E-modul berbasis life skills pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI semester I Madrasah Ibtidaiyah layak digunakan dalam proses pembelajaran baik disekolah maupun dirumah. Kata kunci: Bahan Ajar, E-Modul berbasis life skills

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:40
Last Modified: 25 Nov 2021 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item