PRAKTIK BAGI HASIL ANTARA PEMILIK AMBULANCE DENGAN PENGELOLA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kota Bandar Lampung)

Dewi, Maya Sari (2021) PRAKTIK BAGI HASIL ANTARA PEMILIK AMBULANCE DENGAN PENGELOLA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DEWI MAYA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu contoh dalam usaha kerjasama yang banyak terjadi dalam masyarakat di Indonesia khususnya adalah kerjasama bagi hasil yang sifatnya saling menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pemilik modal dan penerima modal. Apabila terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan akad tersebut maka akan mengakibatkan pelanggaran dan dosa bagi yang melakukannya. Seperti halnya kecurangan dalam kerjasama yang dilakukan oleh pengelola mobil ambulance di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Bandar Lampung, antara keduanya didasari akad mudharabah yang menyatakan pembagian keuntungan masing-masing pihak yakni sebesar 50% antara pemilik dan pengelola. Kecurangan yang dilakukan oleh pengelola sering menambahkan harga tarif yang setiap mobil. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana Praktik bagi hasil antara pemilik ambulance dengan pengelola di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, dan bagaimana Praktik bagi hasil antara pemilik ambulance dengan pengelola dalam tinjauan hukum Islam di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Praktik bagi hasil antara pemilik ambulance dengan pengelola dalam tinjauan hukum Islam dan secara umum di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research), sifat penelitian ini adalah sifat deskriptif analisis komparatif ialah pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistemasi data, analisis data secara kualitatif dengan mengunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik bagi hasil antara pemilik ambulance dengan pengelola iiidi Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung menggunakan akad Mudharabah dengan ketetapan tarif setiap mobil ambulance miliknya yakni Rp 100.000,- menggunakan sistem panggilan via telepon atau WA (Whatsapp) bagi konsumen yang membutuhkan mobil ambulance, dan sedangkan ditinjau dalam hukum Islam praktik bagi hasil antara pemilik ambulance dengan pengelola di Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung tidak diperbolehkan atau tidak sah dalam hukum Islam, dikarenakan belum memenuhi syarat akad Mudharabah dalam Islam. Tidak terpenuhinya pada syarat ke empat akad Mudharabah yakni keuntungan. Karena, dalam praktiknya terdapat kecurangan dan ketidak jujuran dalam presentase keuntungan yang didapat, hal itu dilarang dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:37
Last Modified: 25 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16541

Actions (login required)

View Item View Item