PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Handayani, Tri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (59MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment. Dengan desain penelitian posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan. Dimana tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian dan data yang dikumpulkan merupakan jenis data kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil uji hipotesis t untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 5,523 sedangkan ttabel = 1,996. Dengan demikian diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,523 > 1,996 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:22
Last Modified: 25 Oct 2017 01:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item