PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG

SHAH, ALAM (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya berkaitan dengan hasil belajar. Pada saat ini banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran dikarenakan kurang kreativitasnya pendidik dalam menggunakan metode atau model pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar dan pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Masalah ditemukan di MTs BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada mata pelajaran Fiqih karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran Konvensional yang berpusat pada pendidik. Model Pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk masalah tersebut adalah Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs BANII SAALIM yang berjumlah 90 orang sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan VII B sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah = 2.144 > = 0,036 dengan demikian ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:30
Last Modified: 24 Nov 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item